SETIAP PELAKU BUNUH DIRI TEMPATNYA NERAKA JAHANAM

11 Comments

Penulis :Zoni Jamil,S.Sos.I (Alumni Fakdakwah  UIN Aceh)


PIDIE JAYA - BAROMETER99.com

Rabu 27 Mei 2020, Islam sangat melarang umatnya untuk  bunuh diri, dan azab bagi pelaku bunuh diri dalam Agama Islam.
 
Berdasarkan data luar Negeri (WHO), dalam 40 detik ada satu nyawa yang melayang akibat tindakan bunuh diri. Bahkan tindakan mengakhiri hidup ini  menjadi penyebab kematian terbesar kedua di kalangan usia 15-29 thn.

Kebanyak otang yang bunuh diri itu,karena urusan cinta, keluarga dan ekonomi.di duga,orang yang melakukan tindakan tersebut menganggap bunuh diri menjadi jalan terbaik untuk melepaskan semua beban hidup yang selama ini menimpanya.

Dalam Agama Islam, bunuh diri merupakan tindakan terlarang yang sangat dibenci oleh Allah.Ancaman dosanya pun tidak tanggung-tanggung dan begitu mengrugikan. Bahkan dalam hadist dijelaskan bahwa pelaku bunuh diri akan kekal mendekam di neraka jahanam. 

Dalam agama Islam, bunuh diri dengan alasan apapun adalah haram. Orang yang melakukan perbuatan ini terancam akan mendapatkan dosa yang sangat besar. Sebab hidup dan matinya seseorang itu berada di tangan Allah SWT dan merupakan karunia dan wewenang dari Allah.

Allah SWT melarang umatnya untuk melakukan pembunuhan ataupun bunuh diri. Bagi mereka yang melanggarnya akan dikenaksn dengan neraka dan ia akan kekal di dalamnya. 

Allah SWT berfirman didalam Alquran yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu

Dan janganlah kamu membunuh dirimu sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." [QS. An-Nisa' ayat 29]

Barang siapa yang berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah." [QS. An-Nisa' ayat 30]

Sungguh pedih azab yang akan diterima oleh orang yang melakukan tindakan bunuh diri ini. Bahkan Rasulullah SAW juga bersabda mengenai hal ini.

"Siapa yang menjatuhkan dirinya dari gunung hingga mati maka di neraka jahanam dia akan menjatuhkan dirinya, kekal di dalamnya selamanya.

Siapa yang menegak racun sampai mati, maka racun itu akan diberikan di tangannya, kemudian dia minum di neraka jahanam, kekal di dalamnya selamanya. 

Siapa yang membunuh dirinya dengan senjata tajam maka senjata itu akan diberikan di tangannya kemudian dia tusuk perutnya di neraka jahanam, kekal selamanya." [HR. Bukhari 5778 dan Muslim 109]

Ternyata orang melakukan bunuh diri itu akan mengalami tiga penderitaan, yakni penderitaan di dunia yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tersebut, penderitaan menjelang kematiannya serta penderitaan kekal di akhirat kelak.

Sekian dulu, mengenai pandangan Islam terkait bunuh diri. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari tulisan yang tidak berharga ini, bahwasanya selaku umat Islam kita harus selalu berpedoman kepada Al-Qur’an dan hadist.

Serta meyakini bahwa Allah SWT tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan umat-Nya. Percayalah bahwa akan ada jalan dan solusi di balik masalah yang diberikan Allah kepada kita.

'Khazanah"Diskusi Islam kontemporer tentang bunuh diri berjalan di sepanjang garis tradisi dan penafsiran klasik. Tema-tema akrab dikemukakan, bunuh diri adalah dosa karena hanya Allah SWT-lah yang berhak mengambil kehidupan yang telah Dia berikan.

Terlarang bagi umat Islam untuk mengharapkan kematian. Tak peduli bagaimana pun kondisi mereka. Dan, orang yang bunuh diri boleh dishalati.

Allah SWT secara tegas melarang tindakan bunuh diri. Larangan itu disebutkan, antara lain, dalam surah an-Nisa’ ayat 29 yang artinya, “Janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Mahapenyayang kepadamu.” Ini seperti tertuang pula di surah an-Nisa’ ayat 30.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Ad-Dahak disebutkan, “Barang siapa terjun dari sebuah bukit untuk menewaskan dirinya maka kelak ia akan masuk neraka dalam keadaan terlempar jasadnya. Ia kekal dalam neraka selama-lamanya.”

Imam asy-Syathibi menyatakan bahwa semua ajaran yang ditetapkan oleh Islam adalah untuk menjaga kemaslahatan yang lima.

Berdasarkan dalil-dalil di atas jelas bahwa bunuh diri merupakan perbuatan yang dilarang dan bertentangan dengan perintah agama.

Karena besarnya dosa akibat perbuatan tersebut maka tempat kembali orang yang melakukannya adalah neraka jahanam.

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

11 komentar:

  1. Kalo enggak aku udh di neraka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sabar ya kamu harus tetep semangat jalanin hidup pasti setiap masalah afa solusinya ヾ(〃^∇^)ノ

      Hapus
  2. Smoga qta khususnya umat Islam diberi keimanan & mati Khusnul khatimah

    BalasHapus
  3. Untung saya baca artikel ini,saya takut masuk neraka jahanam!

    BalasHapus
  4. Nangis bacanya, capek hidup :(

    BalasHapus
  5. Semangat jangan menyerah dan selalu berdoa, serta senantiasa mengingat Allah SWT. ,Setiap masalah pasti ada solusinya.
    Ingat, semua manusia memiliki masalahnya masing-masing.Jadi,jangan pernah berpikir Anda sendirian.

    BalasHapus