Kegiatan Apel Gabungan Siaga Petugas Penegakan Hukum (Covid-19) Kota Jambi

Editor: Aslam

Jambi - Barometer99.com

Bertempat di Posko Satgas Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi (Mako Damkar Kota Jambi)Jl. HOS. Cokroaminoto Kel. Sukakarya Kec. Kota baru Kota Jambi, Telah dilaksanakan kegiatan Apel Gabunggan Siaga (Covid 19).di wilayah Kota Jambi.oleh Tim Gabungan Satgas (Covid-19) Kota Jambi.yang diikuti oleh TNI/POLRI dan Tim Satgas (Covid 19) di kota jambi yang di pimpin Oleh Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian, S.I.K, M.H.,dan yang diikutin ± 300 orang, Jum'at 25/09.

Adapun yang hadir dalam kegiatan Apel Gabungan Siaga Tim Relaksasi  (Covid 19)Kota Jambi, Wakil Walikota Bpk. DR. dr. H. Maulana, M.K.M, dan Dandim 0415/Bth Diwakilin oleh Kasdim 0415/Bth. Letkol Inf Tri Nugroho, S.Pd, Dandenpom II/2 Jambi Letkol CPM Uncok Anggiat Marasi Simanjuntak, Sekda Kota Jambi Bpk. Ir. H. Budidaya, M.For. SC, Asisten 1 Kota Jambi.Bpk.H.Muklis S.sos, Asisten III Setda Kota Jambi, Drs. H. A. Ridwan, M.Si, Staf Ahli Bid. Pemerintahan, Hukum dan Politik Kota Jambi DR. H. M. Jaelani, SH, MH, Kepala OPD Kota Jambi, Perwakilan Kapolsek Se Kota jambi, Unsur Forkompinda Kota Jambi, Para Awak Media, Tamu Undangan.

Adapun Susunan Pasukan Apel pagi oleh Tim  (Covid-19) Kota Jambi,1 Peletonn Personel Kodim 0415/Bth, 1 Peleton Personel Sabhara Polresta Jambi, 1 Regu Personel Denpom II/2 Jambi, 1 Peleton Damkar Kota Jambi,1 Regu Personel Satpol PP Kota Jambi, 1 Regu Personil Dishub Kota Jambi, 1 Regu Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi, 1 Regu Perwakilan Camat Kota Jambi, 1 Regu perwakila Lurah Kota Jambi, 1Regu perwakilan dinkes kota jambi ,1 Regu perwakilan Disprindag Kota Jambi.

Pimpinan Apel memasuki lapangan Apel AIPDA HARIANTO, SH ( Kasubnit Pam obvit sat sabhara Polres Jambi) Amanat pembina Apel Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian, S.I.K, M. Menyampaikan, Kegaiatan Apel Siaga ini dilaksanakan dalam rangka kesiapan penegakan hukum dan penindakan pelanggaran protokol kesehatan di wilayah hukum Kota Jambi.

Sebelum pelaksanaan penegakan dan penindakan Kita laksanakan sosialisasi dan pemberitahuan kepada masyarakat sehingga pada pelaksanaan dilapangan tidak ada alasan tidak tahu terhadap pelanggaran protokol kesehatan dan tindakan hukum yang diberikan.

Kegiatan penegakan dan penindakan hukum ini Kita laksanakan  Ops Yustisi Penerapan Peraturan Wali kota jambi (Perwal) Kota Jambi Nomor 21 Tahun 2020 dalam rangka Pengawasan Relaksasi Ekonomi, Sosial dan Budaya, Sesui dengan Pasal  218 KUHP barang siapa pada waktu rakyat datang dari luar kota jambi.dan berkerumunan dengan segaja tidak segera pergi setelah diperintahkan tiga kali oleh atau atas nama penguasa yang berwenang ,diancam karena ikut serta dengan pidana penjara 4 bulan 2 minggu, Pada Saat pendemi Corona pasal 93 UU NO. 6 TAHUN 2018  Tentang kekerantina an kesehatan adalah orang yang tidak mematuhi peyelengaraan kerantinaan kesehatan dan menghalang halangi. Peyelangaraan kekerantinaan kesehatan hingga meyebabkan kedaduratan kesehatan masyarakat dipidana penjara 1 tahun dan atau di denda paling.bayak Rp.100.000.000,- sesuai bunyi Pasal 14 Ayat 1 UU NO 4 TAHUN 1984 Tentang wabah penyakit menular.

Kegiatan yang Kita laksanakan dilindungi oleh undang-undang, ada ancaman pidana bagi siapapun/masyarakat yang melanggar protokol kesehatan sehingga petugas dilapangan tidak perlu takut dan ragu dalam kegiatan penegakan hukum dan penindakan, Laksanakan kegiatan penegakan hukum dan penindakan secara santun dan humanis namun tetap secara tegas sesuai dengan prosedur yang berlaku, tegasnya, Kita sangat mengapresiasi para petugas dilapangan yang telah melaksanakan kegiatan selama ini dengan penuh tanggung jawab, Kita ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan telah disiapkan insentif kepada para petugas, jangan dilihat besaran nilai yang diberikan tapi mudah-mudahan dapat terus memberikan semangat kepada para petugas dalam melaksanakan kegiatan, Saya mengingatkan juga Kita sebagai petugas harus terlebih dahulu benar-benar melaksanakan protokol kesehatan sebelumnya. **(ril)

Share:
Komentar

Berita Terkini