Kesiapan PAM Pilkada tahun 2020, Kapolres Gresik Terima Kunker Wakapolda Jatim di Mapolres Gresik

Editor: Hendy Abii

Barometer99.com - Gresik-Jatim, Kapolres Gresik AKBP. Arief Fitrianto, menyambut kedatangan Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, S.H., M.H., dalam rangka Kesiapan pengamanan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Gresik, Rabu (30/09/2020), pukul 15.00 WIB di Aula Parama Satwika 98 di Mako Polres Gresik.

Hadir dalam kegiatan, PJU beserta Kapolsek Jajaran Polres Gresik.

Dalam Paparannya, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H., S.I.K., M.M., menyampaikan situasi Kabupaten Gresik menjelang pelaksanaan Pilkada secara umum masih kondusif.

“Pelaksanaan tahapan Pilkada saat ini sudah melalui 3 tahap. Saat ini adalah tahap kampanye, dari 2 paslon yang maju dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Gresik, yang nomor urut 1 sebelumnya menjabat Wakil Bupati Gresik kemudian yang nomor urut 2 sebelumnya menjabat Ketua DPRD Kab. Gresik,” ungkapnya.

Posko akan di tempatkan di Mapolres Gresik dan disiapkan panel data. Sebelum dilakukan Operasi Yustisi, Polres Gresik sudah melakukan operasi bersama dengan 3 pilar sesuai dengan Perbup No.22 tahun 2020.

“Dalam persiapan pengamanan Pilkada, Polres Gresik di bantu dana hibah dari Pemkab Gresik sebesar 5 M,” ujarnya.

Dalam kerawanan kontijensi ada 4 wilayah yang akan menjadi penyekatan dengan di back up Polda maupun TNI.


“Untuk pam di kota, kami utamakan di Kantor KPU, Kantor Bawaslu dan rumah pasangan calon,” tuturnya.

Rencana kedepan akan dilaksanakan Simulasi dan persiapan pengamanan dalam pelaksanaan Pilkada.

“Tentunya saya hadir disini untuk melihat kesiapan Polres Gresik dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada, karena kesiapan ini wujud tanggung jawab kita dalam melayani masyarakat," ungkap Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, S.H., M.H.

Pilkada tahun ini berbeda dengan sebelumnya, karena saat ini di Negara Indonesia sedang terjadi Resesi Ekonomi dan masih dalam situasi masa pandemi Covid-19.

“Karena situasi Pandemi Covid-19 saat ini sangat berpengaruh dalam setiap tahapan Pilkada, maka dalam masa kampanye tetap mengutamakan Protokol Kesehatan,” tegasnya.

Dalam hal ini, Polri harus ikut berperan dalam penurunan kasus Covid-19 dan jangan sampai ikut meningkatkan kasus Covid-19.

Wakapolda Jatim juga mengingatkan, agar anggota Polri tetap menjaga Netralitas dalam pelaksanaan Pilkada, tingkatkan patroli secara intens dalam rangka menjaga menciptakan Pilkada aman, damai dan sehat. (Hen)

Share:
Komentar

Berita Terkini