Bukti Keberhasilan, Bupati Mura H2G Buat Program yang Bersentuhan Langsung Dengan Masyarakat

Editor: Barometer99


Barometer99.com, MUSIRAWAS - H Hendra Gunawan Bupati Musi Rawas yang familar disebutan H2G dimata masyarkatnya yang dilantik periode 2016 – 2021 ltu. Diawal pemerintahaannya Bupati Musi Rawas beserta jajaran selalu membuat kebijakan - kebijakan atau program - program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat bawah. 

Salah satu program yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas adalah kegiatan pemasangan sambungan air minum gratis pada Dinas PU CKTR&P (Pekerjaan Umum Cipa Karya Tata Ruang dan Pengairan) melalui Unit Pelaksana Tehknis (UPT) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Musi Rawas.  


Untuk memenuhi kebutuhan primer atau kebutuhan pokok bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah mendapatkan akses air bersih atau air minum, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas menganggarkan dana APBD dan APBN. 

Tahun 2018  Pemerintah Musi Rawas melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)  membuat program Sambungan Rumah (SR) untuk air bersih murah. Tahun 2019 dan 2020 pemerintah Kabupaten Musi Rawas kembali menganggarakan dana APBD dan dibantu dana  APBN untuk menjalankan program kebutuhan air bersih untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Musi Rawas. Untuk mendapatkan akses air bersih secepatnya maka pemerintah Musi Rawas melalui Dinas PU CKTR&P membuat kegiatan pemasangan sambungan air minum secara gratis.

Dari keterangan Kepala Dinas PU CKTR&P Ristanto Wahyudi ST ditemani Agus Hilman ST dari Kepala UPT BLUD SPAM Musi Rawas menjelaskan, program air bersih ini telah berjalan 3 (tiga) tahun anggaran, mulai dari 2018, 2019 dan 2020.

"Program ini sangat berhasil, karena sudah 66 Desa dari 12 Kecamatan di Musi Rawas sudah mendapatkan akses dari air bersih”, ujarnya.   


Agus Hilman menambahkan, sebelum ada program air bersih,  masyarakat untuk memasang PAM atau mendapatkan air bersih haus membayar sebesar Rp. 1.225.000,-. Setelah program itu berjalan tahun 2018 lalu, masyarakat hanya membayar pemasangan Sambungan Rumah (SR) hanya sebesar Rp. 285.000,- per perpelanggan. 

Tahun  2016 pelanggan PAM di Musi Rawas hanya 4300 pelanggan, sekarang sampai bulan September 2020 meningkat menjadi 11.056 pelanggan. 

“Program air bersih yang dikeluarkan pemerintah Musi Rawas mendapatkan dua sisi keberhasilan, satu sisi masyarakat mendapat akses air bersih, sisi lain UPTD BLUD SPAM mendapatkan penambahan  pelanggan secara signifikan”, ungkap Kepala Agus Hilman.   


Ditempat terpisah Agus Hilman ST mengatakan, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan  (H2G) tetap akan melanjutkan program air bersih untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah di Musi Rawas”, tegasnya. 

Dijelaskan kembali, sebagai wujud perhatian dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, terhadap masyarakat yang terdampak penyebaran pandemi COVID-19, terutama Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), maka Bupati Musi Rawas H2G mengambil kebijakan mengratiskan tagihan PAM tiga bulan, dari bulan juni, juli, agustus 2020 lalu," lanjut Agus Hilman. 

Laporan : N Marelo

Editor     : Herbi.                                                                                                           

Share:
Komentar

Berita Terkini