Gelar Pembinaan KBT, Dandim 0309/Solok, Ajak KBT Jadi Pelopor Atasi Covid-19

Editor: Barometer99


#Serta tidak membawa atribut TNI dalam pelaksanaan Pilkada Serantak

Barometer99.com, SOLO - Kodim 0309/Solok, menggelar pembinaan Keluarga Besar TNI (KBT) Kodim 0309/Solok triwulan IV tahun 2020, di aula Makodim 0309/Solok, Jalan A. Yani, Nomor 1, Kelurahan IV Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Selasa (27/10/2020).
Kegiatan yang mengusung tema aksi nyata Bela Negara Keluarga Besar TNI (KBT) di era kekinian itu, diikuti oleh FKPPI, PPM, dan PPAD Kota dan Kabupaten Solok.
Dalam kesempatan itu, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo, S.Sos, M.I.Pol., mengingatkan bahwa saat ini masih di tengah pandemi Covid-19, untuk itu dia mengimbau agar mengantisipasi dan menjaga diri sendiri.
Sebagai bagian dari keluarga besar TNI, Dandim meminta seluruh pengurus dan anggota organisasi di bawah binaan Kodim 0309/Solok itu, untuk ikut serta mensosialisasikan protokol kesehatan.


"Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Pemerintah mencanangkan gerakan dengan slogan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ucapnya.
"Penyebaran Covid-19 dapat dieliminier dengan menerapkan protokol kesehatan setiap individu. Oleh karena itu, Keluarga Besar TNI hendaknya dapat berpartisipasi dan berkontribusi memutus rantai penyebaran Covid-19," ucapnya lagi.
Selain itu, dijelaskan Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo, S.Sos, M.I.Pol., bahwa sesuai Perintah Komando Atas dimulai dari 31 Agustus hingga 31 Desember 2020 dilakukan operasi penegakan disiplin yang jika virus tersebut tidak kunjung mereda mungkin bisa diperpanjang. Selanjutnya pelaksanaan Operasi Yustisi untuk menjaring masyarakat  yang membandel.
"Dalam operasi tersebut, sesuai Perda No. 6 tahun 2020 Provinsi Sumbar tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam penanganan dan pengendalian Covid-19 yang dilanjutkan dengan Perbup No 44 tahun 2020 tgl 24 Agustus 2020, merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi tentang Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid 19. Bagi pelanggar bisa dikenakan sanksi sosial hingga sanksi administrasi," terang Letkol Arm Reno.
Tak kalah pentingnya ditekankan Dandim Reno, menghadapi penyelenggaran Pilkada serentak tahun 2020, dimana ketiga wilayah yang masuk dalam teritorial Kodim 0309/Solok ikut melaksanakannya, agar tidak membawa atribut organisasi dalam politik praktis terutama dalam kegiatan kampanye mendukung kandidat.
"Bapak/Ibu tentu memiliki hak pilih dan kami tidak akan membatasi dalam hal mendukung salah satu kandidat, namun jangan membawa atribut organisasi-organisasi di bawah binaan TNI-AD khususnya Kodim 0309/Solok untuk kepentingan politik tersebut, apalagi membawa dalam kampanye," tekan Reno.
Dalam kesempatan itu, juga diberikan pembekalan oleh Pasiter Kapten Inf Suryadi, Danramil 06/Singkarak, Kapten Chb Endri Budiman Saputra dan beberapa perwira TNI terkait peran KBT dalam menghadapi situasi terkini serta dalam penanggulangan bencana alam.
Laporan : Yuli L/Rilis
Editor     : Herbi.

Share:
Komentar

Berita Terkini