Pengabdian Kepada Masyarakat Unsam Langsa Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Penanganan Covid -19 Bagi Siswa SMA Di Aceh Timur

Editor: KORWIL ACEH
DR. Teuku Hasan Basri SP.d MP.d Ketua Tim Pengusul Program Pengabdian Kepada Masyarakat Lulusan Bidang Mitigasi Bencana Dan Ketua Gusus Tugas Covid-19 Unsam Langsa.
(Barometer99.com - Aceh)

Aceh Timur - Barometer99.com 
Universitas Samudera (Unsam) Langsa melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengelar Program Pengabdian Kepada Masyarakat berupa Pelatihan Mitigasi Bencana Penanganan Covid -19 Bagi Siswa SMA Di Kabupaten Aceh Timur bertempat di Desa Alue Bu Kecamatan Peureulak, Rabu, 14 Oktober 2020.

Hadir pada kegiatan tersebut, 
Ketua Tim pengusul  dan juga Ketua Gugus Tugas Covid -19 Unsam Langsa, DR. Teuku Hasan Basri SPd. MP.d, Didampingi Nuraini SPd MPd, dan Koordinator Pengabdian Masyarakat Unsam Langsa DR. Hanafiah SPd MPd, Perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Cabang Aceh Timur, Agus Ridwan SP.d, beserta 60 (Enam Puluh) Peserta terdiri dari Siswa Dan Guru Pendamping.


Pada kesempatan tersebut, DR. Teuku Hasan Basri SP.d. MP.d selaku Ketua Tim pengusul Program Pengabdian Kepada Masyarakat menyampaikan, Pelaksanaan program pelatihan dan sosialisasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan akan bertambahnya Ilmu bagi siswa/i SMA di Kabupaten Aceh Timur dalam mengatasi bencana wabah Virus Corona Disaese 2019 (Covid - 19) yang timbul di wilayah aceh timur, Ujarnya.

"Dengan harapan menjadi hasil solusi untuk masyarakat dan pemerintah sekitar dari permasalahan yang timbul sehingga dapat menjadi hasil yang dicapai dan juga nantinya dapat meningkatkan pemahaman tentang bagaimana cara beradaptasi masyarakat sekitar akan timbulnya suatu bencana wabah virus Corona, Ungkapnya.

Lanjutnya, Program pelatihan dan sosialisasi dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di wilayah kabupaten Aceh timur secara khusus ditujukan kepada Siswa/i SMA se-kabupaten Aceh Timur serta pada masing-masing guru pendamping. Tukasnya.


"Ada empat kegiatan yang akan dilaksanakan dalam acara hari ini, yakni pertama  ceramah atau presentasi, tanya jawab dan diskusi tentang materi mitigasi bencana wabah virus corona (covid-19), kedua, Demonstrasi simulasi yang akan di ajarkan dalam evakuasi korban, ketiga, praktek langsung simulasi bencana wabah virus Corona (covid-19), dan yang keempat, Konsultasi pasca pelatihan sampai semua peserta menguasai materi pelatihan yang di berikan, Tim pelaksanaan juga menyediakan waktu untuk konsultasi lanjutan apabila ada peserta yang memerlukan waktu untuk konsultasi tersebut tidak di batasi, sehingga peserta dapat berkonsultasi setiap sa'at, Kata  Teuku Hasan Basri  yang juga Lulusan DR. dibidang Mitigasi Bencana ini.

Teuku Hasan Basri juga menambahkan, Evaluasi yang dimaksud meliputi pelaksanaan kegiatan dimaksud untuk memperbaiki kegiatan serupa, sementara evaluasi tingkat penguasaan peserta terhadap materi pelatihan dilakukan selama proses, setelah kegiatan para peserta akan diminta untuk menunjukkan simulasi terhadap evakuasi korban bencana wabah virus Corona (Covid - 19) dan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam program sosialisasi dalam menghadapi mitigasi bencana wabah virus Corona (Covid - 19) SMA Wilayah Aceh Timur yang akan dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni tahap pra pelaksanaan dan tahap pasca pelaksanaan (hasil karya), tahap pra pelaksanaan akan dilakukan pada awal kegiatan, dengan maksud agar dapat di ketahui (dinilai) sebagaimana respon awalterhadap program ini, tahap kedua, yakni, tahap pelaksanaan, akan dinilai keaktifan peserta sebagai bukti keseriusan peserta dalam mengikuti kegiatan, Tahap pasca pelaksanaan adalah untuk mengetahui hasil kegiatan secara menyeluruh dari pemahaman materi mitigasi bencana dalam hal mengatasinya, Tutupnya.

Laporan : Kaperwil Aceh 
Editor     : Korwil Aceh 
Share:
Komentar

Berita Terkini