Puluhan Pelanggar Protokes Cegah Copid-19 Terjaring Petugas Satpol PP Didominasi Pengendara Jalan Dari Lintas Daerah

Editor: Aslam

Sekayu Muba Sumsel - Barometer99.com

Humas Satpol PP Muba – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dibawah kepemimpinan Bupati Dr H Dodi Reza Alex Lic Econ MBA dan Wakil Bupati Beni Hernedi S IP terus melakukan upaya dalam menangani virus Covid-19 di daerah yang dipimpinnya. Pemkab Muba melalui Satuan Polisi Pamong Praja bersama TNI, Polri dan OPD lainnya, hampir setiap harinya terus melakukan Operasi Yustisi Penegakan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) yang menyasar terhadap para pelanggar protokol kesehatan cegah Covid-19, hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mendisiplinkan masyarakat yang masih mengabaikan protokol kesehatan serta selalu mengedukasi masyarakat secara persuasif dan humanis akan pentinya menerapkan 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan, Mejaga  jarak) agar selalu sehat dan selamat dari penyakit Covid-19 dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Hari ini rabu (14/10), tim gabungan operasi yustisi yang terdiri dari Satpol PP Muba, Bhabinsa Koramil Sekayu, anggota gabungan Polres Muba, BPBD dan Dinas Kesehatan kembali melakukan operasi yustisi bagi pelanggar disiplin protokol kesehatan Covid-19 di wilayah hukum kota Sekayu, tepatnya di jalan simpang empat teladan. 

Operasi Yustisi yang langsung dipimpin Kasat Pol PP Muba Haryadi SE M SI didampingi Kabid Penegakan Perda Indita Purnama S Sos MM, Kabid Damkar Yusri Ali Amin S Sos M SI, Kabid SDA Drs Irawan, Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Taufik S IP, Kasi Binawaslu Depy Nopriyanti SH M SI, Kasi Operasi dan Pengendalian Alexander SE, Kasi Hubungan Antar Lembaga Arafik SH, Kasi Kewaspadaan Dini Arif Cahyono SE, Kasi Pelatihan dan Mobilisasi Junaidi, SH M SI, Kasi Operasi dan Penyelamatan Arizal SE, Kasi Pencegahan Ismad Inani SE dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) serta menurunkan 30 anggota Satpol PP ASN dan Non ASN.

Setelah tiga jam melaksanakan operasi yustisi, setidaknya terdapat 41 orang pelanggar protokol kesehatan dengan tidak memakai masker, jumlah ini mengalami peningkatan dari pelaksanaan operasi yustisi sebelumnya. Selanjutnya, petugas langsung melakukaan pendataan dan petugas PPNS bersama TNI Polri langsung memberikan sanksi hukuman yang terdiri dari sanksi denda administrasi dan sanksi sosial. 23 pelanggar memillih untuk dikenakan sanksi denda administrasi dan 18 pelanggar memilih sanksi sosial disiplin seperti push up, menyapu sampah, dan menyanyikan lagu-lagu wajib nasional.

Kasat Pol PP Muba Haryadi SE M SI seusai kegiatan operasi yustisi menerangkan, “Hari ini kegiatan operasi yustisi berjalan dengan lancar, alhasil petugas mendata 41 orang terjaring telah melakukan pelanggaran protokes yang didominasi oleh masyarakat luar daerah yang melintas. Jumlah ini mengalami peningkatan dari operasi sebelumnya, kemudian untuk pelanggar ini petugas telah berikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku. Kedepan selain melakukan operasi yustisi kami juga akan lakukan edukasi secara terus-menerus kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan terutama saat berakivitas sehari-hari diluar rumah agar tidak tertular virus Covid-19” pungkasnya. **(ril)

Share:
Komentar

Berita Terkini