Selamat Hari Kesaktian Pancasila

Editor: Barometer99


Barometer99.com, JAKARTA - Tanggal 1 Oktober adalah momentum penting perjalanan bangsa ini dalam menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai identitas dan dasar bernegara.  Kesaktian Pancasila telah terbukti mampu menyatukan ribuan pulau, suku bangsa dan berbagai kebhinekaan lainnya dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Zaman akan terus berubah dengan dinamika dan tantangan yang berbeda. Tapi kita yakin, Pancasila akan selalu kontekstual. Tugas dan tanggungjawab kita adalah memastikan bahwa setiap sila dapat diamalkan dan dipraktikkan setiap individu, mulai dari level keluarga.

Menjaga Pancasila adalah dengan bekerja keras dengan kejujuran dan keyakinan untuk mencapai hasil yang optimal agar menjadi manfaat, bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga bagi banyak orang. Karena sesungguhnya kebahagian terbesar adalah menghadirkan kegembiraan bagi sesama. 

Di masa pandemi Covid-19 yang sangat berat ini, mari sama-sama menjaga diri, saling mengingatkan untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Menjaga diri sendiri terhindar dari Covid-19 juga berarti menjauhkan orang lain dari virus yang berbahaya ini. Aamiin.

Pancasila mengajarkan kita rukun antar umat beragama karena Tuhan itu Esa.

Pancasila adalah perlambang bahwa setiap orang itu sama dan harus saling menghormati.

Pancasila adalah lambang persatuan Indonesia, berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Pancasila adalah dasar demokrasi bangsa untuk berkumpul dan bermusyawarah. 

Pancasila mengajarkan bahwa setiap orang memiliki hak yang sama sehingga harus adil satu sama lainnya.

Pancasila adalah komitmen setiap anak bangsa untuk menjaganya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sumber :  Yuli L/Dewa Aruna.


Share:
Komentar

Berita Terkini