Warga Aceh Timur Keluhkan Lambatnya Update Data SIKP Oleh PT. Permodalan Nasional Madani (PT. PNM)

Editor: KORWIL ACEH

Aceh Timur - Barometer99.com
Salah satu warga Aceh Timur, Misbahhuddin, keluhkan update data SIKP PT. PNM ditingkat pusat yang terkesan sangat lamban dan sangat tidak responsif. 

PT. PNM adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 1 Juni 1999 dan bertujuan membantu pengembangan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi. 

Kejadian ini bermula ketika salah satu warga aceh timur telah melunasi angsuran keseluruhan PNM Mekaar Syariah dan hendak mengajukan kredit bank di BNI namun terkendala oleh data SIKP yang belum terupdate hampir satu bulan setelah pelunasan pembayaran di PT. PNM. 

"Kita sudah lunasi angsuran bayarnya, sejak 5 Oktober 2020 namun hingga sekarang data SIKP ibu saya belum juga terupdate sehingga menjadi kendala kami untuk pengajuan kredit bank, kami sedang coba untuk upgrade usaha yang sedang kami jalankan, namun terhambat karena data yang belum update oleh PT. PNM".

Dia juga menambahkan, proses dan pelayanan ditingkat pusat juga terkesan sangat lamban dan kurang responsif. Baik sistem informasi dilapangan maupun kontak person dan sosmed ditingkat pusat. 

"Ini perusahaan BUMN kenapa sangat low respon? Saya coba email namun 5 hari baru ada jawaban, saya coba kirim pesan di akun instagram mereka dibaca oun tidak, saya coba telfon hanya sekali bisa masuk, tanggapan mereka akan segera di proses, ini sudah sebulan belum ada hasil, kalau jawaban petugas lapangan ya pasti dimereka sudah lunas dan tidak ada lagi data yang tersangkut, namun kenyataannya di SIKP malah pihak PNM sendiri belum melakukan update data nasabah yang sudah lunas".

Misbah juga menambahkan, Update data SIKP itu kewajiban mereka sebagai kreditur, ditengah kondisi pandemi seperti ini seharusnya mereka lebih cepat dan tidak lamban seperti ini, karna banyak masyarakat sedang coba bangkitkan ekonomi. Namun jika prosesnya lambat akan sangat menghambat masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian mereka. 

"Kami berharap PT. PNM yang merupakan BUMN ini lebih responsif dan tidak lamban seperti sekarang ini, dan kepada pemerintah juga lebih selektif lagi menempatkan orang-orang di perusahaan ini, jangan seperti ini kejadiannya. Perusahaan untung dan kami rugi waktu harus menunggu lama prosesnya, padahal cuma pesoalan update data SIKP tapi harus menunggu begitu lama dan sampai sekarang belum ada hasilnya. Coba perusahaan lebih update dan upgrade lagi sistem dan manajemen supaya tidak menggangu kenyamanan nasabah".

Laporan : Kaperwil Aceh 
Editor     : Korwil Aceh
Share:
Komentar

Berita Terkini