10 KK Masyarakat Dhuafa Terima Bantuan Gerobak Laju dari DD Sumsel dan PT PLN UPMK III Palembang

Editor: Rizqy Zurriyati

Barometer99.com, PALEMBANG 

Pandemi Covid-19 masih belum usai dan terus berdampak kepada masyarakat dari berbagai aspek. Dompet Dhuafa (DD) Sumatera Selatan (Sumsel) terus berusaha membantu meringankan kesulitan masyarakat yang terdampak, terutama masyarakat Dhuafa yang semakin kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Sebagai bentuk upaya dalam Aksi Peduli Dampak Corona (APDC), DD Sumsel berkolaborasi dengan PT PLN UPMK III Palembang memberikan bantuan Gerobak Lapak Juang (Laju) kepada 10 Kepala Keluarga (KK) masyarakat dhuafa yang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).  Adapun 10 UMKM sebagai Penerima Manfaat Bantuan Gerobak Laju tersebut : Bambang, Nanak, Wanda, Jidin Sarim, Sailan, Untung Komarudin, Ali dan Bakso Joles.

Pimpinan DD Sumsel, Kusworo Nursiddik menyampaikan, bahwa 10 UMKM tersebut sebelumnya telah di survey secara langsung dan lolos uji kelayakan menerima bantuan oleh tim DD Sumsel.  

“10 UMKM yang diberikan bantuan gerobak ini, sebelumnya telah dilakukan asesment secara langsung, dari mulai survey kondisi masyarakat dhuafa, usaha yang sudah berjalan namun kondisi kelayakan gerobak usahanya sudah tidak layak lagi," jelas Kusworo saat diwawancarai awak media usai melaunching  penyerahan bantuan Gerobak Laju secara simbolis yang dihadiri langsung oleh Ketua CSR PT PLN UPMK III Palembang, Fitrianza, dan juga disaksikan oleh perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Sumsel, di Kantor DD Sumsel, Jalan Basuki Rahmat No.1607E, Palembang, Kamis (5/10/2020).

Sementara itu, Ketua CSR PT PLN UPMK III Palembang, Fitrianza mengatakan, bahwa dana yang diberikan dalam program bantuan gerobak Laju ini merupakan dana CSR sebagai bentuk pertanggungjawaban dan dukungan PT PLN UPMK III Palembang kepada masyarakat. 

"Bersama DD Sumsel mewujudkan program ini, semoga memberikan hasil yang optimal sehingga berpeluang menjadi program yang berkelanjutan," ucapnya.

Lanjut Fitrianza, program bantuan Gerobak Laju ini juga termasuk ke dalam serangkaian program Keluarga Tangguh DD.

Sumsel, yang beberapa waktu telah diresmikan pada tanggal (14/10/2020). "Program Keluarga Tangguh merupakan program pembinaan dan pendampingan bagi UMKM secara berkala selama 1 tahun, serta adanya pemberian bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing PM seperti bantuan gerobak, bahan baku  jualan, alat-alat perlengkapan usaha, branding usaha," jelas Fitrianza.

Sarim salah satu PM Gerobak Laju menuturkan, Alhamdulillah dengan adanya bantuan gerobak baru ini, semoga dapat membantu meningkatkan penjualan dan yang beberapa waktu lalu telah ada bantuan bahan baku jualan dan peralatan perlengkapan usaha juga. 

"Terima kasih kepada Dompet Dhuafa dan PT PLN atas bantuannya, dengan adanya program ini dapat bersama menguatkan ekonomi keluarga di Indonesia, terutama Sumsel," ungkap Sarim.

Desty selaku pengampu program Keluarga Tangguh, Gerobak Laju juga turut menambahkan, harapannya ke depannya pembinaan serta pendampingan PM dapat diikuti dengan baik, sehingga bukan hanya dengan bantuan gerobak baru dapat membantu meningkatkan usaha berjualan PM, tapi juga mampu meningkatkan skill dan wawasan PM dalam usahanya agar dapat lebih berkembang.


Laporan : Abiyasa

Share:
Komentar

Berita Terkini