Bahas Kerja Sama Pertahanan, Menhan Prabowo Terima Kunjungan Dubes Rusia Lyudmila

Editor: Hendy Abii

 


Barometer99.com, Jakarta - Menteri   Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva pada Kamis, di kantor Kementerian Pertahanan.

Seperti dikutip keterangan resmi Kementerian Pertahanan Indonesia, kunjungan Dubes Rusia kali ini merupakan kunjungan ketiga kalinya dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

Ini merupakan upaya meningkatkan hubungan bilateral kedua negara yang sudah terjalin erat dan mencapai pada level hubungan kemitraan strategis.

Dalam kunjungan ini dibicarakan berbagai hal khususnya peningkatan kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Rusia, dalam usia yang telah memasuki 70 tahun hubungan bilateral kedua negara.

Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Djoko Purwanto menjelaskan bahwa pertemuan Menhan RI dan Dubes Rusia menjadi kesempatan yang baik bagi kedua pihak untuk membicarakan peningkatan kerja sama kedua negara khususnya di bidang pertahanan.

Sementara itu Atase Pers Kedutaan Besar Rusia di Indonesia Dens Tetiushin enggan berkomentar lebih banyak apakah pertemuan tersebut berkaitan dengan rencana Indonesia membeli pesawat Sukhoi Su-35 atau tidak.

"Kami tidak ada komentar tambahan," kata Denis kepada Anadolu Agency pada Jumat.

Pada 2017 lalu, Indonesia sepakat membeli 11 unit pesawat Sukhoi SU-35 senilai USD1,14 miliar dolar AS atau sekitar Rp16 triliun.

Sebagai imbal dagang, Indonesia mewajibkan Rusia membeli produk-produk dari Indonesia senilai USD570 juta atau sekitar Rp8 triliun.

Rusia juga akan membangun fasilitas maintenance, repair, and operating supplies (MRO) di Indonesia senilai 35 persen dari transaksi.

Indonesia saat itu menargetkan dua Sukhoi Su-35 akan tiba di Indonesia pada 2019, namun hingga kini proses pengadaan itu tidak jelas kabarnya.

Disebut-sebut, pembelian Sukhoi dibatalkan karena ada ancaman sanksi dari Amerika Serikat jika Indonesia meneruskan pembelian tersebut. (Hendy/Yuli)


Share:
Komentar

Berita Terkini