Bawa 1 Kg Sabu 3 Warga Aceh Utara Di Ringkus Sat Resnarkoba Polres Langsa

0 Comments

Kasat Resnarkoba Polres Langsa, Ketika Konfrensi Pers Memperlihatkan Barang Bukti Sabu Sebanyak 1 Kg Minggu, 01 November 2020. 
(Baroneter99.com - Aceh)

Langsa - Barometer99.com
Jajaran Sat Resnarkoba Polres Langsa kembali berhasil mengungkap jaringan narkotika antar Provinsi, Selasa, 27 Oktober 2020 Di depan Pos Satlantas Polres Langsa Sekira Pukul 20.30 wib Dini hari.

Kapolres Langsa AKBP Giyarto SH. S.I.K melalui Kasat Resnarkoba, Iptu Imam Aziz Rachman STK. S.I.K, Dalam siaran persnya, Minggu sore di Polres Langsa mengatakan, pengungkapan kasus tersebut terjadi empat hari yang lalu dengan Kronologi, Berdasarkan  informasi dari masyarakat ada dua orang laki-laki membawa narkotika jenis sabu dalam jumlah besar akan melewati Kota Langsa, kata Imam,


Polisi Satuan Resnarkoba Polres Langsa menggagalkan penyelundupan 1 Kg sabu dari Lhokseumawe ke Lampung. 

Dalam pengungkapan kasus tersebut, polisi menangkap tiga warga Aceh Utara sebagai tersangka. Tiga warga Aceh Utara itu masing-masing berinisial MA Bin M warga Gampong Meunasah Beunot, Kecamatan Nisam dan MU alias Bayek  warga Gampong Meunasah Beunot, Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara  serta SY Bin MD  warga Dusun Cot Puuk, Gampong Babah Buloh, Kecamatan Sawang, Aceh Utara. Tiga warga Aceh Utara itu ditangkap setelah dua diantaranya terjaring razia khusus yang dilakukan Sat Resnarkoba dan Sat Lantas Polres Langsa karena ada informasi akan melintas dua orang laki-laki membawa 1 Kg sabu menggunakan mobil penumpang jenis bus melintas dari Langsa. 

Lanjut Imam, memaparkan, Kemudian, anggota Sat Resnarkoba Polres Langsa yang dipimpin langsung dirinya melakukan penyelidikan dengan Hasil bahwa diketahui dua laki-laki tersebut menumpang salah satu bus lintas sumatera, Selanjutnya anggota Sat Resnarkoba di backup anggota Sat Lantas Polres Langsa melakukan razia di depan Pos Lantas, di Gampong Simpang Lhee, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa.

"Sekira pukul 02.30 WIB bus yang ditumpangi kedua tersangka MA Bin M (19) dan MN alias Bayek Bin IH (27) terlihat dan segera di perintahkan untuk segera berhenti dengan langsung melakukan pengeledahan dan ditemukan 1 Kg sabu dari TSK  MA Bin M ketika narkotika jenis sabu hendak dimasukkan di dalam tas" jelas Imam.

"Menurut keterangan Tsk MA Bin M bahwa dirinya mengakui membawa sabu tersebut bersama dengan temannya berinisial MN alias Bayek Bin IH yang juga berada di dalam bus dan Keduanya mengaku sabu itu diperoleh dari temannya berinisial SY Bin MD Warga Dusun Cot Pu'uk, Gampong Babah Buloh, Kecamatan, Sawang Kabupaten Aceh Utara.

Jelas Kasat Kembali, Dengan tanpa harus menunggu lama, sesuai perintah atasan kami langsung melakukan pengembangan  dan bergerak menuju kabupaten Aceh Utara untuk melakukan pencarian  terhadap SY Bin MD dan tepat pukul 10.00 WIB bertempat di pinggir jalan Gamoong Lagang, Kecamatan Muara Baru, Kabupaten Aceh Utara, Tsk SY berhasil diringkus dengan tanpa adanya perlawanan.

Setelah di lakukan intrograsi terhadap Tsk SY Bin MD mengaku sabu yang diserahkan kepada MA diperoleh dari temannya berinisial A (DPO) berdomisili di luar Aceh dan Mereka bertiga dijanjikan upah Rp 50 juta jika sabu seberat 1 Kg itu berhasil diantar ke provinsi Lampung," sebut Imam. 

Tambah Imam menerangkan, Bahwa Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, Ketiga  Tsk berikut barang bukti dibawa ke Mapolres Langsa guna di lakukan proses hukum lebih lanjut. Sedangkan teman mereka yang berinisial A (DPO) dalam proses penyelidikan Sat Resnarkoba Polres Langsa. "Akibat perbuatan ketiga Tsk dikenakan Pasal 112 ayat (2) Subs Pasal 114 ayat (2) Undang- Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan pidana penjara paling maksimal dua puluh tahun," Imbuhnya.

Adapun Barang bukti yang berhasil disita petugas yakni : 
- Satu Paket/bungkus Narkotika jenis sabu dalam kemasan teh bermerk Guanyinwang warna hijau dengan berat keseluruhan 1.060 (Seribu Enam Puluh) Gram atau kurang lebih satu Kilo.

- Satu Unit Hand Phone dengan Merk Samsung berwarna putih.

- Satu Unit Hand Phone bermerk Xiaomi berwarna silver.

- Satu unit hand Phone bermerk OPPO warna Putih.

- Satu Tas  berHitam

- Satu Unit sepeda Motor Matic Yawmaha N - Max berwarna hitam dengan No. Pol. BL 5935 KAT.

Dan pengungkapan Kasus penyalahgunaan Narkotika Selama bulan Oktober ini di Kota Langsa.

Jumlah 11 Kasus.
10 Sabu
1 Ganja.

Jumlah Tersangka 17 Orang
16 Orang Sabu
1 Orang Ganja

Jumlah Barang Bukti.
Sabu 1.072,17 Gram
Ganja 89.30 Gram

Kriteria Tersangka
Pengedar 15 Orang
Penguna 2 Orang.

Laporan : Kaperwil Aceh
Editor     : Korwil Aceh

KORWIL ACEH

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: