Bukti nyata, Babinsa Koramil 12/Sangir Bantu Warga Bersihkan Lumpur

Editor: Rizqy Zurriyati

Barometer99 - Solok

Bukti nyata, Babinsa Koramil 12/Sangir bantu warga bersihkan lumpur, pasca banjir bandang yang terjadi dini hari.

Akibat intensitas curah hujan yang tinggi di wilayah Solok Selatan dan meluapnya air Sungai Batang Pangian, mengakibatkan banjir bandang di Jorong Taratak dan Pasar Sungai Sungkai, Nagari Sungai Kunyit, Kec. Sangir Balai Janggo, Kec. Solok Selatan pada hari, Senin (9/11) sekitar pukul 02.00 Wib dini hari.

Pantauan di lokasi oleh Babinsa Koramil 12/Sangir, Sertu Alpendi menyampaikan, bahwa kejadian banjir bandang pada hari, Senin (9/11) sekitar pukul 02.00 Wib dini hari, akibat hujan deras di hulu Sungai Batang Pangian Meluap dan banyak menghanyutkan kayu-kayu besar, sehingga terjadi penyumbatan aliran anak sungai meluap dan melimpah ke pemukiman masyarakat di Jorong Taratak dan Jorong Pasar Sungai Sungkai, Nagari Sungai Kunyit, Kec. Sangir Balai Janggo, Kec. Solok Selatan. (Senin, 9/11/2020).

Sertu Alpendi menjelaskan, "Akibat banjir luapan sejumlah anak sungai tersebut, mengakibatkan sekitar 124 unit rumah pemukiman warga terendam banjir yang membawa lumpur masuk ke dalam rumah masyarakat," ucapnya.

"Hari ini kami bersama Bhabinkamtibmas, BPBD Solok Selatan dan perangkat Nagari serta masyarakat melaksanakan pembersihan pemukiman warga dan membantu membersihan sisa-sisa lumpur dan mengangkat barang-barang masyarakat yang basah akibat terendam air pasca banjir bandang," ucap Babinsa," ucapnya lagi.

Selanjutnya Babinsa Koramil 12/Sangir, Sertu Alpendi mengatakan, Saat ini air sungai Batang Pangian sudah menyusut, diharapkan tetap waspada dan selalu berhati-hati di segala kemungkinan terjadi pada saat musim hujan.

"Untuk warga masyarakat Jorong Taratak dan Jorong Pasar Sungai Sungkai, Nagari Sungai Kunyit, Kec. Sangir Balai Janggo, Kec. Solok Selatan, Jaga selalu lingkungan di sekitar kita dan jangan membuang sampah sembarangan di sungai yang dapat menyumbat aliran sungai mengakibatkan banjir bandang, terutama di musim penghujan saat ini sebab bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan sebagainya setiap saat bisa menimpa kita yang dapat menelan korban jiwa," pungkasnya.



Lapoan : Yuli

Share:
Komentar

Berita Terkini