Cetak Kader Kesehatan Sekolah. SMAN 4 Kota Langsa Hadirkan Kapus Langsa Barat Selaku Pemateri

Editor: KORWIL ACEH
Kepala Sekolah SMAN 4 Kota Langsa Salamuddin S.Pd.
(Barometer99.com - Aceh)

Kota Langsa - Barometer99.com
SMA Negeri 4 Langsa gelar kegiatan pelatihan kader kesehatan sekolah untuk sejumlah SMA di Kota Langsa yang dilaksanakan di Aula setempat, selama 2 hari dari tanggal 04-05 November 2020.

Kepala SMAN 4 Langsa, Salamuddin, SPd, Rabu, 04 November 2020, . Mengatakan bahwa kegiatan ini bersumber dari program kerjasama SMAN 4 Langsa dengan Kemendikbud RI.

Dalam program ini, terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yakni, Seminar pencegahan penyakit menular pada remaja, pelatihan kader kesehatan sekolah, Workshop pemulihan mental siswa pasca traumatik dan pelatihan pengelolaan sampah organik dan non organik.

Kegiatan ini diikuti oleh 24 peserta terdiri dari SMAN 3, SMAN 5, SMAS Terpadu Muhammadiyah, SMAS Unggul CND, MAN 1 dan MAN 2.

Adapun masing-masing sekolah mengirim 3 orang, 1 guru pembina Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan 2 orang siswa. Sementara dari SMAN 4 Langsa sendiri ada 6 orang, 1 guru pembina UKS dan 5 siswa.

Menurutnya, Program ini merupakan upaya Pemerintah RI melalui Kemendikbud mencetak kader Kesehatan di Sekolah.


“Dengan melahirkan sumber daya siswa yang akan menjadi motor penggerak tentang kesehatan di sekolah mereka masing-masing nantinya,” imbuhnya.

Salamuddin menambahkan, dalam kondisi pandemi ini juga dinilai perlu upaya-upaya membangun kesehatan dalam percepatan penanganan Covid-19 diantaranya melahirkan siswa yang tanggap pada kesehatan.

Di samping itu, peningkatan mutu pendidikan karakter dinilai penting melalui kegiatan extrakurikuler yaitu kiat-kiat membangun Usaha Kesehatan Sekolah (UKS),” terangnya.

“Bertindak selaku pemateri Kepala Puskesmas Langsa Barat dan unsur Dinas Kesehatan di hari ke dua,” ungkap Salamuddin.

Pada kegiatan ini, dirinya menerapkan protokol kesehatan bagi peserta dengan memakai masker dan menjaga jarak,” pungkasnya mengakhiri.

Laporan : Kaperwil Aceh
Editor     : Korwil Aceh
Share:
Komentar

Berita Terkini