Diskusi KPU Goes To Campus

Editor: Rizqy Zurriyati

Palembang - Barometer99

Diskusi Pemuda Mengenal Pemilu dan Proses Demokrasi Serta Peran Pemuda Sebagai Pemilih (KPU Goes to Campus). Acara ini diikuti mahasiswa Universitas dan siswa Kota Palembang,  yang dilaksanakan Aula Demokrasi Kantor KPU Kota Palembang, Kamis (5/11/2020). 

Ketua KPU Kota Palembang Syawaludin mengatakan, disini pihaknya memang sengaja mengundang adik adik siswa dan mahasiswa. Ini adalah program KPU RI.

" Yang membuat KPU kabupaten/kota yang sedang melaksanakan pilkada serentak, memang ada program  Goes to Campus. Peran kami disini mengundang mahasiswa dan seluruh adik adik siswa untuk mengenalkan demokrasi pemilu. Karena adik adik ini termasuk pemilih pemula," ungkapnya. 

Dari sedini mungkin kami mengajak adik adik mahasiswa dan siswa se kota Palembang, mari sama sama bekerja sama dengan organisasi baik itu PGK, Ormas lain untuk melaksanakan sosialisasi terkhusus pemilih pemula.

Goes to Campus sendiri sudah berjalan sudah yang ke empat sebelum covid. Bulan satu awal bulan dua Kota Palembang sudah melaksanakan goes to campus di Universitas Sumatera Selatan. Dua kegiatan lagi kami laksanakan melalui daring karena kondisi Kota Palembang.

“ Hari ini kami mengundang adik adik  mahasiswa dan siswa dengan tetap memakai kalimat goes to campus. Kami juga tetap melaksanakan sesuai aturan protokol kesehatan. Peserta harus memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ucapnya.

Dia berharap, dengan adanya sosialisasi ini, kami KPU Kota Palembang dan adik adik dapat memahami demokrasi memahami pemilu itu sendiri. "Mereka sudah dididik ditingkat sekolah berdemokrasi pemilihan Osis. Lebih memahami mengerti jangan jadi korban politik itu harapan kami,“ ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Kota Palembang Samsul Bahri SE mengatakan, kegiatan kita hari ini adalah, kegiatan kerja sama dengan KPU Kota  Palembang dengan sasaran Pemuda Pemilih Pemula. "Kita memberikan pengetahuan ilmu tentang demokrasi atau untuk pemilih di Kota Palembang.

"Agar adik adik pelajar maupun mahasiswa yang notabanenya masih pemilih pemula tahun ini atau pemilih baru satu kali pilih. Jadi memberikan pandangan kedepan bahwasanya menghapus pandangan masyarakat tentang politik itu tidak kotor,“ tuturnya.

Dia mengkapkan, diskusi ini sendiri kita memberikan pemahaman tentang pemilih pemula. "Terkait ini semua dari pihak KPU Kota Palembang sangat menyambut baik dan sangat merespon sekali. Karena momen ini pas sekali dengan tujuan sosialisasi KPU sendiri, kepada siswa dan mahasiswa sebagai pemilih pemula.

"Alhamdulillah hari ini KPU mensuport kegiatan ini dengan baik. Ini juga bukan kegiatan kita yang pertama tapi ini langkah awal untuk kedepannya.Dengan terlaksananya diskusi ini, sebagai pemuda agar lebih diperhatikan juga dirangkul diajak kontribusi pemilihan tahun 2022 - 2023 mendatang. Pemuda seperti kami bisa diikut sertakan kedalam pengawasan dalam pemilihan," pungkasnya. (Ocha)

Share:
Komentar

Berita Terkini