Dukung Hanpangan Dimasa Pandemi Covid-19, Binter Terpadu Kodim 0104/Atim Mulai Garap Ladang Jahe Merah

0 Comments

Aceh Timur - Barometer9).com
Anggota Kodim 0104/Aceh Timur ikut melakukan berbagai kegiatan fisik dan non fisik. 

Misalnya mengajarkan warga bercocok tanam budidaya jahe merah seluas 1 Hektar, di tanah milik Dinas Pertanian Balai Benih Induk (BBI) Aceh Timur, Dusun Buket, Desa Buket Pala, Senin, 30 November 2020.

Kegiatan budidaya jahe merah ini dilakukan disela-sela menjalankan kegiatan fisik pembangunan di wilayah Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Tanaman jahe merah tersebut sebagai bentuk upaya mendukung ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan budidaya jahe merah tersebut, Anggota Kodim 0104/Atim  dipimpin Koordinator Lapangan Lettu Inf Suprianto memberikan contoh dan mengajari tata cara bercocok tanam jahe merah kepada warga Gampong Buket Pala.

Mayoritas masyarakat Buket Pala yang bermata pencaharian sebagai petani sawit dan padi.

“Rendahnya produktivitas tanaman sawit ini juga memengaruhi pendapatan petani sawit swadaya dan akhirnya juga memengaruhi modal perawatan tanaman, "kata Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin melalui Koordinator Lapangan kepada Barometer99.com disela-sela kegiatan.


Karena itu, kami TNI khususnya Kodim 0104/Atim melalui program Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu tahun 2020 ini mengajak warga memanfaatkan lahan dengan menanam jahe merah terlebih saat ini pandemi Covid-19, dimana permintaan jahe dipasaran lebih besar, "jelasnya.

Komoditas, lanjut Lettu Suprianto menjelaskan, pertanian yang satu ini dinilai memiliki nilai jual tinggi, apalagi saat pandemi Covid-19.

Menurutnya penanaman jahe merah menggunakan pupuk organik dan kompos yang juga diproduksi sendiri dengan memanfaatkan bahan yang banyak tersebar di masyarakat.

Masyarakat setempat dilibatkan secara sukarela dan bergantian pada pengerjaan ladang budidaya jahe merah ini.

"Ia juga berharap, jika nanti berhasil dalam budidaya ini, diharapkan masyarakat mau untuk mencoba budidaya jahe merah dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada, "katanya.

"Di tengah pandemi budidaya komoditas jahe merah ini memang sangat menjanjikan.

Selain menjadi obat pendobrak stamina, jahe merah ini memang menguntungkan karena bernilai ekonomi tinggi, "ungkapnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan Binter Terpadu tahun 2020 Kodim 0104/Atim hingga kini masih berlangsung dan pengerjaan fisik terus dipacu.

Binter Terpadu dengan sasaran daerah terpencil dibuka Dandim 0104/Atim pada 20 November 2020, dan akan ditutup pada tanggal 19 Desember mendatang.

Laporan : Kaperwil Aceh 
Editor      : Korwil Aceh

KORWIL ACEH

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: