Gugah Kesadaran Pengendara, Polres Gresik Hadirkan Karakter Iron Man

 


Barometer99.com, Gresik-Jatim – Untuk mensukseskan Operasi Zebra Semeru 2020, Satlantas Polres Gresik mempunyai cara yang berbeda, bahkan bisa dibilang unik. Satlantas yang dikomandoi oleh AKP Yanto Mulyanto P, S.H., S.I.K., ini sengaja menghadirkan sosok super hero Iron Man untuk membantu edukasi tertib berlalu lintas.

Selain itu, pihaknya juga menghadirkan beberapa pelajar sekolah dasar (SD) yang tergabung dalam Polisi Keamanan Sekolah (PKS). Mereka diajak untuk ikut turun ke lapangan. Memberikan imbauan dan menjadi contoh bagi masyarakat.

Operasi Zebra biasanya dilakukan dengan pemeriksaan surat kelengkapan kendaraan, namun kali ini polisi dibantu dengan super hero melaksanakannya dengan kegiatan sosial berupa pembagian masker kepada para pengendara jalan serta helm di dua titik, yakni simpang empat GNI dan simpang empat Sidomoro, Selasa (3/11/2020).

Kasatlantas Polres Gresik AKP Yanto Mulyanto P, S.H., S.I.K., melalui KBO Satlantas Polres Gresik Iptu Khairul Alam, S.H., mengatakan pada Operasi Zebra Semeru 2020 ini, kepolisian lebih fokus kepada upaya Pre-emtif dan Preventif.



“Upaya preemtive berupa edukasi, sosialisasi imbauan maupun teguran-teguran simpatik yang memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk pertama mematuhi aturan lalu lintas, serta mematuhi protokol kesehatan,” ujar AKP Yanto Mulyanto.

Iptu Khairul Alam, S.H., menuturkan, pihaknya sengaja menampilkan icon-icon menarik untuk mencuri perhatian masyarakat dan pengguna jalan lainnya. Menurutnya, edukasi tidak selalu dilakukan dengan formalitas kedinasan, tetapi bisa dengan sesuatu yang unik dan menyenangkan, sehingga pesan yang disampaikan lebih mudah ditangkap oleh masyarakat.

“Sengaja kami bawa karakter Iron Man yang memang sudah banyak dikenal masyarakat. Kemudian ada adik-adik Polisi Keamanan Sekolah dari SD Muhammadiyah Gresik, untuk memberi imbauan dan memberikan contoh bagi masyarakat taat prokes,” ujarnya.

“Jadi, dalam kegiatan ini kita kombinasikan tiga hal. Yang pertama Gakkum lalu lintas, edukasi tertib berlalu lintas dan kampanye patuh protokol kesehatan. Kita gugah kesadaran masyarakat untuk selalu mentaati aturan lalu lintas agar tumbuh kesadaran dan mewujudkan Kamtibselcarlantas yang aman, nyaman dan tentunya sehat dari Covid-19 ini,” Pungkasnya.


Editor : Hendy


Hendy Abii

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: