Mengejutkan, Pengakuan Bripka Lalu Mandayan Dapat Juara 1 Lomba Dakwah Kamtibmas

Editor: Rahmat Hidayat


Lombok Barat | Atas keberhasilannya, Bripka Lalu Mandayan, Juara 1 Lomba Dakwah Kamtibmas  membeberkan tentang bagaimana usaha dirinya sehingga berhasil menjuarai Lomba Dakwah Kamtibmas yang dihadiri Langsung Oleh Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal.


Saat ditemui, Bripka Lalu Mandayan mengaku bahwa prestasi yang telah diraihnya ini, sebenarnya bukan atas kemampuannya sendiri, Senin (2/11).


“Sebenarnya masih banyak yang lebih baik dari saya, hanya saja Allah Subhanahu wata'ala memberikan kesempatan kepada saya, dan atas Karunia-Nya sehingga bisa meraih Juara Satu tersebut,” ungkapnya.

Menurutnya, ini juga tidak terlepas dari Doa Orang Tua yang selalu mendoakannya serta Doa dari Istri dan keluarga yang senantiasa memberikan dukungan terhadap dirinya.


Saat disinggung mengenai dasar Ilmu Ceramah atau dakwah yang diperolehnya, Bripka Lalu Mandayan mengaku bahwa yang terpenting adalah tidak keluar dari Al-Quran dan sunnah Nabi shallallohu 'alaihi wasalaam.


“Yang paling mendasar adalah kita Harus menghafalkan Al-Quran dan hadist-hadist Nabi Muhammad shallallohu 'alaihi wasallam, karena kedua nya adalah merupakan dasar dalam agama islam, jadi  penyampaian atau ceramah dalam Agama Islam harus berdasarkan dalil dari keduanya, yaitu al-Qur'an dan as-sunnah Nabi shallallohu 'alaihi wasalaam, imbuhnya.


menurutnya yang menjadi dasar penyampaian kepada Masyarakat, dengan tidak berdasarkan asumsi sendiri.


“Kalau tidak berdasarkan Al-quran dan Hadist Nabi SAW tentunya nanti kita akan berdongeng atau hanya berdasarkan akal kita semata,” ujarnya.


Pada kesempatan itu, Bripka Lalu Mandayan menyampaikan kiat dalam ceramah kepada Masyarakat, dimana kunci konsep suatu ceramah adalah bila sudah memahami Al-Quran dan hadist-hadist Nabi Muhammad SAW.


“Bila kita sudah memahami ini, tentunya semuanya akan menjadi mudah dalam penyampaiannya, hanya tinggal mengembangkan  dalam menyampaikan ayat atau hadist tersebut,” ucapnya.


Disamping itu, Bripka Lalu Mandayan juga mengaku, bahwa sesunguhnya campur tangan Kasat Binmas Polres Lombok Barat yang kerap memberikan motivasi terhadap dirinya.


“Sebenarnya, saya tipe orang yang tidak suka tampil didepan umum, akan tapi beliau telah memberikan kepercayaan kepada saya, dan saya pertama kali tampil di mimbar Khotbah Jumat  sebagai Khotib, sehingga dengan itu saya merasakan kenyamanan dan mulai terlatih dari situ,” imbuhnya.


Dan yang terpenting adalah, para Ulama yang telah membimbingnya dan banyak mengambil ilmu pelajaran dari para Ulama tersebut.


“Diantaranya Tuan Guru yg di kebal dengan Empat Sekawan, yang mana para tuan guru tersebut sangat bersinergi dengan Kepolisian di Lombok Barat, sehingga banyak pelajaran yang diperoleh, sehingga lebih percaya diri menyampaikan kepada Masyarakat,” imbuhnya.


Dengan segala capaian yang diperolehnya ini, Bripka Lalu Mandayan mengaku sebisa mungkin untuk bisa memberikan contoh tauladan yang baik, baik kepada sesama rekan Polri maupun kepada Masyarakat.


“Saya sebagai Bhabinkamtibmas, saya harus memberikan contoh yang baik dari sisi akhlak, jangan sampai amalan saya sehari-hari bertentangan dengan apa yang sudah saya raih” tuturnya, 


Dijelasakan pula, Ini merupakan konsekuensi yang harus diamalkan kepada Masyarakat, dimana ini juga akan membawa nama baik Polri dan Polres Lombok barat khususnya.


“Mau tidak mau, suka tidak suka, saya harus menjadi teladan bagi mereka, membawa nama baik Polri di Mata Masyarakat,” tandasnya. (Rahmat Hidayat)

Share:
Komentar

Berita Terkini