Pangdam II/Sriwijaya Tinjau Puncak Latihan Tempur YTP Yonif 143/TWEJ Di Puslatpur Baturaja

Editor: Rizqy Zurriyati

Barometer99 - Palembang

Pendam II/Sriwijaya Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi meninjau sekaligus menyaksikan langsung Puncak Latihan Tempur/Taktis Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif 143/TWEJ yang dilaksanakan di Daerah Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad, Martapura - Baturaja, Sumatera Selatan, Sabtu (7/11/2020).

Latihan Puncak YTP Yonif 143/TWEJ yang dilaksanakan selama sepekan tersebut melibatkan sekitar 1.300 prajurit dari beberapa kecabangan dari berbagai Satuan TNI AD khususnya jajaran Kodam II/Swj ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme tempur tingkat perorangan sampai dengan satuan setingkat Batalyon dan kerja sama antar satuan/kecabangan dalam wadah Batalyon Tim Pertempuran (YTP).

Berbagai jenis Alutsista canggih milik TNI AD dari Kodam II/Swj diujikan dalam latihan ini diantaranya puluhan kendaraan tempur Tank dari Yonkav 5/DPC, Meriam 105 dari Yonarmed 15/105 Tarik, Meriam Arhanud, Kendaraan Jihandak milik Yonzipur 2/SG dan Helikopter dari satuan Penerbad, kemudian Mortir 80 mm serta berbagai jenis Alutsista lainnya. Selain itu juga didukung oleh satuan Banmin yang terdiri dari Perhubungan, Peralatan, Pembekalan dan Angkutan, Polisi Militer, Kesehatan, Penerangan, Hukum, Bintal, Satgas Intelijen dan Satgas Teritorial.

Dalam kesempatan tersebut Dankodiklatad Letjen TNI A.M. Putranto menyampaikan terimakasih dan rasa  bangga kepada seluruh prajurit yang terlibat latihan, atas kesungguhan para prajurit selama melaksanakan latihan, sehingga latihan berjalan dengan baik dan berhasil.

Ia juga menekankan, agar sikap dan tindakan yang dilaksanakan oleh para prajurit bukan hanya sekedar pada saat latihan saja, tetapi memang berdasarkan kemampuan dari prajurit Kodam II/Swj. "Terima Kasih atas semangat dalam melaksanakan Latihan YTP, latihan ini dapat memberikan gambaran kepada semua prajurit dalam taktik maupun dalam penggunaan senjata yang sebelumnya hanya terpajang di satuan masing-masing", kata Dankodiklat.

Diakhir arahannya, Letjen TNI A.M. Putranto juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pangdam II/Swj dan Danrem 043/Gatam serta seluruh penyelenggara dalam menyiapkan semua hingga terselenggaranya latihan tersebut.

Sementara itu, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi menyampaikan ucapan terimakasih dan memberi apresiasi yang tinggi kepada para Prajurit yang terlibat latihan, karena melakukan dengan penuh semangat dan dalam keadaan lancar dan aman.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, kedepan latihan diharapkan agar lebih disempurnakan lagi dengan memberikan masukan yang bersifat membangun dalam mekanisme latihan baik secara taktis maupun tehnis sehingga kedepannya akan lebih baik dan lebih profesional lagi dalam menjalankan setiap latihan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, para Komandan Pusat Kesenjataan dan para Direktur jajaran Kodiklatad, Danrem 043/Gatam, Asops Kasdam II/Swj beserta seluruh prajurit Yonif 143/TWEJ dan segenap peserta latihan YTP Yonif 143/TWEJ.


Laporan : Yuli

Share:
Komentar

Berita Terkini