Pembangunan IPAL KOMUNAL MURA

Editor: Barometer99


Barometer99.com, MUSI RAWAS -  IPAL KOMUNAL  salah satu program Pemerintah Kabupaten  Musi Rawas  yang diluncurkan untuk mengatasi permasalahan yang sedang  dihadapi masyarakat serta lingkungannya. IPAL KOMUNAL    salah satu solusi  untuk mengatasi permasalahan tersebut,   contohnya  limbah yang dihasilkan masyarakat yakni limbah  wc (septi tank), air cuci dan mandi. 

Tahun 2020, Pemkab MURA melanjutkan kegiatan Program IPAL KOMUNAL dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN. Untuk itu, Pemkab MURA dibawah pimpinan H Hendra Gunawan (H2G), mengajak jajarannya untuk merealisasikan dana DAK tersebut ke desa-desa di MURA.


Dinas Pekaerjaan Umum Cipta Karya Tata Ruang dan Pengairan (PU-CKTRP) Kabupaten Mura menunjuk delapan (8) desa untuk membangun IPAL KOMUNAL. Adapun kedelapan desa tersebut adalah, Desa Kota Baru, Desa Tri Jaya, Desa Purwakarya, Desa Suka Mulya, Desa Suka Jaya, Mekar Sari, Desa Sugiwaras dan Desa Rejo Sari.

Kepala Dinas PUCKTRP Kabupaten Mura, Ristanto Wahyudi ST MT melalui  Kasi Limbah, Andi Pranata ST mengatakan , pembangunan IPAL KOMUNAL itu terdiri dari membangun Mandi Cuci Kakus (Septi Tank) dan Pipanisasi dari rumah. Setiap desa mendapatkan dana senilai Rp500 jutaan dengan pencairan secara bertahap., tahap pertama 25 persen , tahap kedua 45 persen dan tahap ketiga 30 persen," ujarnya.


Kasi Limbah ini juga menambahkan  pembangunan Ipal Komunal  secara swakelola dilaksanakan  masyarakat  melalui organisasi kelompok swadaya  masyarakat  (KSM )dan didampingi   fasilitator yang direkrut  dinas PUCKTRP  kabupaten  MURA  , dan Untuk menjadi fasilitator tersebut harus  memiliki kriteria Sarjana," tegas  Andi .

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) yang juga merupakan Kasi Limbah Dinas PUCKTRP Kabupaten Mura  menjelaskan, pekerjaan IPAL KOMUNAL dimulai dari bulan Juni dan sekarang fisik dan dana IPAL KOMUNAL sudah mencapai 70 persen, dan untuk mengatasi serta menghilangkan bau dari limbah tersebut, dengan melakukan pemberian bakteri dari pabrikasi,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Andi menuturkan, Bupati Musi Rawas Bapak H Hendra Gunawan (H2G) dengan slogan MURA Sempurna sangat mendukung  serta mengharapkan Program IPAL KOMUNAL  dapat mengatasi limbah  yang ada di masyarakat dan nantinya  tercipta kesahatan bagi  masyarakat MURA,” pungkasnya. 

Laporan : N Marelo

Share:
Komentar

Berita Terkini