Penandatanganan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional

Editor: Rizqy Zurriyati

Barometer99 - Bogor

Minggu, 15 November 2020, merupakan hari bersejarah bagi kita semua. Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto bersama Menteri Perdagangan negara ASEAN lainnya dan mitranya, yakni Australia, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Tiongkok menandatangani Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) disaksikan masing-masing kepala negara/pemerintahan.

Mendag RI menandatangani perjanjian tersebut disaksikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat. Mendag Agus mengatakan, penandatanganan ini menandai selesainya perundingan RCEP yang dimulai pada Mei 2013 dan menumbuhkan harapan baru kemajuan ekonomi bagi kawasan.

RCEP akan mendorong Indonesia lebih jauh ke dalam rantai pasok global (global supply chain) dengan memanfaatkan backward linkage, yakni memenuhi kebutuhan bahan baku atau bahan penolong yang lebih kompetitif dari negara RCEP lainnya; dan forward linkage, yakni dengan memasok bahan baku atau bahan penolong ke negara RCEP lainnya.

Selamat kepada seluruh tim perunding Indonesia!

Foto oleh: Biro Pers Media dan Informasi, Kementerian Sekretariat Negara.

#Kemendag #MoT #perdagangan #trade #RCEPSigning #RCEPuntukIndonesia #NegosiasiDagang #AyoDagang #LessTalkMoreAction

Share:
Komentar

Berita Terkini