Penyuluhan Hukum Jajaran Kodim 0208/AS Tahun 2020

Editor: Rizqy Zurriyati

Barometer99 -  Kisaran

Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman personil terhadap Hukum, Kodim 0208/Asahan mengadakan penyuluhan hukum di triwulan IV tahun 2020 sebagai salah satu program kerja Kodim. Sehubungan kondisi wabah Covid 19, kegiatan penyuluhan hanya diikuti oleh para Danramil, Perwira Staf, para Batuud  dan Batih sejajaran Kodim. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan dengan tetap menerapkan aturan Protokol Kesehatan (Prokes). Jumat (06/11/2020).

Kegiatan Penyuluhan Hukum yang dilaksanakan dihadiri oleh Plh. Kasdim 0208/AS Kapt Inf Djamil dan  Tim Penyuluh Hukum Korem 022/PT Letkol CHK Drs. J. Marpaung, SH, MH 

Dalam sambutannya, Dandim 0208/AS, Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos, yang disampaikan oleh Plh Kasdim menjelaskan bahwa, "dengan adanya penyuluhan hukum ini prajurit diharapkan dapat mengerti dan memahami serta merealisasikan aturan dan hukum dalam kehidupan serta pelaksanaan tugas sehari hari dengan lebih baik sehingga dalam setiap pelaksanaan tugasnya,  prajurit terhindar dari jerat atau sanksi hukum yang berakibat buruk bagi prajurit ataupun satuan".

Lebih lanjut Plh. Kasdim menyampaikan “Hukum- hukum tersebut perlu diketahui dan dipedomani sehingga dalam pelaksanaan tugas di lapangan tidak menemukan kesulitan dan ragu ragu dalam mengambil keputusan sehingga pelaksanaan tugas pokok dapat tercapai secara maksimal,” tegas Kapt Inf Djamil dalam sambutanya.

Penyuluhan hukum yang disampaikan oleh Ketua Tim Penyuluh hukum Korem 022/PT Letkol Chk. Drs. J. Marpaung, S.H, M.H, juga menjelaskan bahwa,  "kegiatan penyuluhan hukum merupakan program kerja bidang personel utamanya dalam bidang penegakan hukum, Penyuluhan hukum ini diberikan agar seluruh prajurit mempunyai pembekalan hukum agar tertib dan tidak melakukan pelanggaran hukum", jelasnya.

Materi penyuluhan hukum yang disampaikan kepada jajaran Kodim 0208/AS meliputi 

. Natralitas TNI dalam PILKADA

. Sosialisasi UU ITE

. THTI, Disersi dan Larangan Nikah Siri.

. Penyalahgunaan Narkoba

. Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Dalam kesempatan ini juga, Ketua Tim Penyuluhan Hukum Korem 022/PT Letkol Chk Drs. J. Marpaung, SH, MH memberikan buku materi hukum kepada Kodim 0208/Asahan yang diterima oleh Plh. Kasdim 0208/AS Kapt Inf Djamil.




Laporan : Yuli

Sumber : Pendim 0208/AS

Share:
Komentar

Berita Terkini