Rembuk Stunting Pra Musrenbang Anggota Koramil 16/Peudawa Kodim 0104/Aceh Timur Ikut Hadir

Editor: KORWIL ACEH


Aceh Timur - Barometer99.com
Anggota Koramil 16/ Peudawa Kodim 0104/ Atim , An.Koptu Suyanto menghadiri acara musyawarah desa, tentang stanting di Desa Seunebok Peuteut Kecamatan Peudawa Rayeuk Kab Aceh Timur, 17 November 2020.

Pemanfaatan Dana Desa untuk penanganan stunting dapat dimulai dari pemetaan sasaran secara partisipatif terhadap warga desa yang terindikasi perlu mendapat perhatian dalam penanganan stunting oleh kader pemberdayaan di desa. Selanjutnya lewat Rembuk Stunting Desa, seluruh pemangku kepentingan di desa merumuskan langkah yang diperlukan dalam upaya penanganan stunting termasuk bekerja sama dengan dinas layanan terkait.


Dukungan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi dalam upaya penurunan stunting antara lain melalui pengaktifan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan oleh unsur desa. Beberapa kegiatan tersebut seperti pembangunan/rehabilitasi poskesdes, polindes dan Posyandu, penyediaan makanan sehat untuk peningkatan gizi balita dan anak, perawatan kesehatan untuk ibu hamil dan menyusui.
Ada beberapa poin yang di sampaikan oleh An. Koptu Suyanto salah satunya yaitu.

"1. Anak dibawah umur 5 th diberikan obat cacing, secara teratur.
2. Ibu hamil diberi bantuan berupa susu ibu hamil.
3. Setelah ibunya melahirkan ibu di bantu dng susu ibu menyusui.
4. Anak yg berprestasi dlm arti timbangan badan selalu meningkat diberikan hadiah,. Supaya yg lain ikut termotivasi" ujar An. Koptu Suyanto

Kemudian ada kegiatan pembangunan sanitasi dan air bersih, lantas melalui pengadaan insentif untuk kader kesehatan masyarakat, pembangunan rumah singgah, pengelolaan Balai Pengobatan Desa, pengadaan kebutuhan medis (makanan, obat-obatan, vitamin, dan lain-lain), sosialisasi dan edukasi gerakan hidup bersih dan sehat.

Laporan : Rahmad Hidayat 
Editor     : Korwil Aceh
Share:
Komentar

Berita Terkini