Tengah Covid-19 Kodim 0208/AS, Panen Lele Hasil Pemamfaatan Lahan Tidur

Editor: Rahmat Hidayat


Kisaran |  Akibat Pademi Covid 19, seluruh  sektor kehidupan terdampak, namun dalam hal ini Kodim 0208/Asahan sebagai satuan yang bertugas melaksanakan pembinaan kewilayahan berupaya dan berinovasi sesuai kebijakan serta arahan pemerintah.


Untuk memanfaatkan lahan tidur menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat di masa Pandemi Covid-19 sehingga tidak terlalu berdampak buruk. 


Tindak lanjut dan arahan pemerintah tersebut, Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos yang diwakilkan kepada Plh. Kasdim 0208/Asahan Kapt Inf Djamil didampingi Plh Pasiter Letda Inf R. Damanik dan Plh. Pasiops Letda Inf Butar-butar  melaksanakan panen ikan Lele di pekarangan belakang Makodim 0208/AS, Rabu (18/11).


Plh. Kasdim 0208/AS  Kapt Inf Djamil kepada media  menjelaskan bahwa, "ikan lele yang baru dipanen akan diberikan kepada personil Kodim 0208/AS dan masyarakat yang berdomisili disekitar Makodim 0208/AS" 


Lebih lanjut Plh. Kasdim menyampaikan, “Di masa Pandemi sampai dengan memasuki adaptasi kebiasaan baru, kita tetap memberikan himbauan dan mengajak warga agar ikut menciptakan swasembada pangan.


Dengan pemanfaatan lahan tidur, sebagai contoh panen lele kali ini, dari 4 kolam yg akan dipanen, untuk setiap kolamnya dapat menghasilkan ikan lele ± 350 kg dan jika rata-rata perkolamnya sama.  


Jumlah yang dihasilkan dari ke empat kolam ini ± 1.360 kg dengan demikian apabila ikan ini dijual di pasar, maka kemungkinan besar harga kebutuhan ikan lele tidak akan naik. 


Selain itu juga apabila masyarakat mengikuti kegiatan ini tentunya akan membantu perekonomian. Lahan tidur yang kami gunakan tidak cukup luas, ukurannya berkisar 5 x 10 meter perkolamnya, kegiatan ini terlaksana berkat dukungan penuh dari Dandim 0208/AS”, pungkas Kapt Inf Djamil kepada media.


Sementara Plh. Pasiter Kodim 0208/AS kepada wartawan mengatakan, hasil panen ikan lele jenis jumbo yang didapat cukup mengembirakan, dia juga mengatakan pihaknya akan terus melakukan pembudidayaan ikan lele.


Untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar dampak buruk bidang ketahanan pangan tidak dirasakan oleh warga. (Rahmat Hidayat)


Sumber :  Pendim 0208/AS

Share:
Komentar

Berita Terkini