Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM) : Otonomi Khusus Papua Tidak Gagal

Editor: Rizqy Zurriyati

Barometer99 - Jayapura

Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM) menegaskan otonomi khusus (Otsus) Papua tidak gagal, tetapi harus di evaluasi secara menyeluruh.

Hal ini dikatakan BTM, ketika rapat terbatas bersama SKPD, Forkompinda dan tokoh adat di Port Numbay tanah tabi, Sabtu (14/11).

Rapat ini dengan agenda menindaklanjuti rencana rapat dengar pendapat (RDP) dari Majelis Rakyat Papua (MRP) tentang keberhasilan dan kegagalan yang sudah berlangsung sejak tahun 2001 hingga saat ini di Provinsi Papua.

Menurut BTM, perlu dilakukan evaluasi Otsus sejak berlaku tahun 2001 hingga saat ini, BTM juga meminta agar Otsus tidak perlu di kembalikan ke pusat.

BTM meyakini, bahwa sejak Otsus ada, banyak hal yang sudah masyarakat Papua khususnya dibeberapa bidang prioritas sesuai amanat otsus di papua.

Selain evaluasi, BTM juga meminta pemerintah pusat dan provinsi Papua, agar dalam penggunaan dan peruntukan dananya harus jelas.

Ditambahkan BTM, apabila dana Otsus digunakan tidak sesuai, maka perlu dilakukan pemeriksaan terhadap setiap dinas maupun badan guna bertanggung jawab atas pemanfaatan dan penggunaan dana otsus.

BTM kembali dengan tegas mengatakan, Otsus tidak gagal, hanya perlu dilakukan evaluasi sejauh mana implementasi di tiap kabupaten kota di papua hingga saat ini.



Laporan : Yuli

Share:
Komentar

Berita Terkini