Anto Jakarta Jalankan Politik Beretika di Kota Langsa

0 Comments


Kota Langsa - Barometer99.com
Etika politik adalah  filsafat moral tentang dimensi politis kehidupan manusia. Etika politik sebagai ilmu, lahir ketika struktur-struktur politik tradisional mulai ambruk. Dengan kata lain, etika politik merupakan prinsip moral tentang baik-buruk tindakan atau perilaku dalam berpolitik.

Dalam konteks demokrasi menjelang Pilkada Tahun 2022 di Kota Langsa Provinsi Aceh, etika politik begitu  penting, dan ini sangat di junjung tinggi oleh salah seorang Bakal Calon Walikota Langsa atas nama Sofyanto, atau yang biasa akrab disapa dengan nama Anto Jakarta.

Sebelum melangkah lebih jauh, Anto Jakarta berupaya menunjukkan perilaku yang baik dalam berpolitik agar dapat menjadi teladan bagi  generasi mendatang. Menghormati perbedaan pendapat dan mampu menepis emosi jiwa, merupakan karakter dasar Anto Jakarta yang berperawakan santun.

Bahkan dalam langkahnya menuju tampuk Kekuasaan di Pemerintah Kota Langsa, Calon Walikota ini lebih mengedepankan sikap hormat dan saling menghargai diantara sesama.

Rekam jejak Anto Jakarta ketika menyatakan Maju sebagai Calon Walikota Langsa pada Pilkada 2022, memang sangat beretika. Anto juga  mengawali semua itu dengan tidak mengabaikan norma serta kearifan lokal yang ada. 

Mungkin sedikit berbeda dengan sosok Anto Jakarta lebih dahulu bersilaturrahmi dengan seluruh pimpinan dan elit partai politik baik di tingkat Pusat (Jakarta) maupun daerah (Kota Langsa), sebagai langkah awal sebelum terjun ke tengah masyarakat.

Bagaimana perjalanan silaturrahmi politik Anto Jakarta menjelang Pilkada 2022 di Kota Langsa..? Berikut ini rekam jejaknya: 

Partai Gerindra


Selasa, 08 Desember 2020, Anto Jakarta mengawali silaturrahmi ke kediaman Koordinator Daerah (Korda) Daerah Pemilihan (Dapil) 7 Partai Gerindra Aceh, H Jauhari Amin di Langsa. Di rumah anggota DPRA itu, Anto yang masih minim pengetahuan tentang politik, mendapat berbagai masukan, baik berupa saran maupun pendapat politik dari H Jauhari Amin, SH. MH Tentunya, hal ini dirasakan sangat bermanfaat oleh Anto Jakarta dalam menata langkah politiknya kedepan. Kemudian, Anto Jakarta terus memperkuat silaturrahmi dengan mengunjungi kediaman Ketua Partai Gerindra Langsa, A Rahman Puteh, pada Kamis, 10 Desember 2020, Silaturrahmi dengan elit Partai Gerindra ini, lebih klop ketika Anto Jakarta bertemu dan berbincang-bincang dengan Ketua Partai Gerindra Aceh yang juga anggota DPR RI, TA Khalid, Dua Minggu berselang tepatnya, Kamis, 24 Desember 2020 di kediaman H Jauhari Amin, SH. MH. Dalam rangka Maulid Nabi besar Muhammad SAW.

Partai Demokrat


Usai di Partai Gerindra, Anto Jakarta melanjutkan silaturrahmi dengan Pimpinan Partai Demokrat Kota Langsa. Rabu 09 Desember 2020, Anto diterima oleh Ketua Partai Demokrat Langsa, Syahyuzar Aka, di kediamannya dalam suasana penuh keakraban. Di tempat itu, Anto yang telah menyatakan tekad untuk maju sebagai Calon Walikota Langsa pada Pilkada 2022, banyak mendapatkan pelajaran berharga dari politisi senior, Syahyuzar Aka. Malah, buah dari silaturrahmi politik penuh etika ini, telah melahirkan  pernyataan politik dari Sekretaris Partai Demokrat Langsa, Ir Joni, yang mendukung penuh Anto Jakarta jadi Walikota Langsa. "Saya sudah lama mengenalnya dan sampai saat ini Anto Jakarta masih yang terbaik. Karena itu, kita mendukung sepenuhnya beliau menjadi Walikota Langsa di Pilkada mendatang," ujar Ir Joni, Kamis, 24 Desember 2020. Tak hanya itu, Anto Jakarta juga sempat bersilaturrahmi dengan fungsionaris DPP Partai Demokrat, Muslim SHi, di Komplek Perumahan DPR RI, Kalibata Jakarta.

Partai Hanura


Selanjutnya, Kamis, 10 Desember 2020, Anto Jakarta mengunjungi Ketua Partai Hanura Kota Langsa, Ali Sadli, untuk menjalin komunikasi politik yang baik. Anto, diterima oleh Ali Sadli atau yang akrab disapa Ali Pisang, dengan penuh ramah. Untuk menghormati Ali Sadli, dalam silaturrahmi tersebut Anto Jakarta juga memohon izin dan doa restu untuk dirinya yang akan mencalonkan diri sebagai Walikota Langsa.

Partai Golkar


Kemudian, pada Senin, 14 Desember 2020, Anggota DPR RI, Ilham Pangestu, yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Langsa, menyambut hangat silaturrahmi politik Anto. Pertemuan berlangsung di Kedai Kopi Aceh "KARIM" di Jln. Radio Dalam Jakarta Selatan. Selain bertemu dengan Ilham Pangestu, silaturrahmi itu lebih istimewa ketika Anto Jakarta juga sempat beramah-tamah dengan Ketua Bapera Aceh, Faisal Amsco dan Dewan Pertimbangan Bapera Aceh, H Makmur Budiman. Sebelumnya, Anto Jakarta juga telah terlebih dahulu bersilaturrahmi pada Calon Wakil Walikota Langsa, Ny Monita, di Kota Langsa.

Partai Nanggroe Aceh (PNA)


Jumat 11 Desember 2020, Anto Jakarta  menggelar "Ngopi Politik" dengan Ketua Partai Nanggroe Aceh (PNA) Kota Langsa, Adami. Suasana persahabatan yang baik terlihat dalam pertemuan dengan Ketua Partai yang didirikan oleh Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf tersebut.

Fazlun Hasan.


Mantan Calon Walikota Langsa pada Pilkada 2017 lalu, Fazlun Hasan, juga ikut disambangi oleh Anto Jakarta, Kamis, 10 Desember 2020, dalam rangka menjalin silaturrahmi dan meminta dukungan. Pada kesempatan itu, Fazlun Hasan mengatakan jika dirinya tidak lagi mencalonkan diri sebagai Walikota Langsa pada Pilkada 2022, maka Fazlun Hasan menegaskan akan mendukung Anto Jakarta untuk maju.

Irwandi Yusuf

Gelar silaturrahmi Anto Jakarta dalam mewujudkan etika politik yang bermartabat, terus berlanjut di Ibu Kota, dengan menjenguk Mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Selasa, 15 Desember 2020, di Suka Miskin Bandung. Dihadapan Irwandi, Anto Jakarta meminta doa restu serta dukungan sebagai Calon Walikota Langsa di Pilkada 2022. Tanpa banyak kata, Irwandi Yusuf kemudian merestui dan mendukung sepenuhnya berbagai usaha Anto untuk menjadi Walikota Langsa periode kedepan.

Laporan : Kaperwil Aceh 
Editor     : Korwil Aceh

KORWIL ACEH

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: