Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan SAR Dit Samapta, Ini Pesan Kapolda Sumsel

 



Barometer99.com, Palembang-Sumsel - Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S, M.M., didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, S.I.K., S.H., M.H., serta PJU Polda Sumsel, membuka Pelatihan Peningkatan Kemampuan SAR Dit Samapta Polda Sumsel, di Danau Jakabaring Sport City Palembang, Kamis (17/12/2020).

Dalam sambutannya, Kapolda Sumsel mengatakan, SAR merupakan singkatan Search And Rescue yakni usaha untuk melakukan pencarian pertolongan dan penyelamatan terhadap keadaan darurat yang dialami baik manusia maupun harta benda yang berharga lainnya. Untuk itu
Personel Polri harus mampu meningkatkan Kemampuan Search And Rescue (SAR) dengan memperdalam materi Manajemen tanggap Bencana,SAR Laut atau SAR darat.


"Sebagai mana kita ketahui bahwa di situasi dan kondisi apapun, fungsi penyelamatan sangatlah penting bagi personil Polri untuk memperdalam fungsi SAR darat atau SAR Laut. Dalam hal ini, juga di wajibkan kepada seluruh personel Polri, untuk dapat membantu dan mengetahui tugas pokoknya yakni, tugas kemanusiaan dan cepat tanggap bencana, sesuai peran fungsinya selaku pengayom pelindung masyarakat," beber Kapolda Sumsel.

"Bagaimana mau menolong orang lain, sedangkan ia tidak tahu caranya. Untuk itu, manfaatkan waktu tiga hari ini guna menambah bekal ilmu dan skill nya, kemudian untuk diaplikasikan dalam  melayani masyarakat. Kepada pelatih, saya ucapkan terimakasih," sambung Irjen Pol Prof Dr Eko Indra.

Dalam kesempatan pelatihan ini, diikuti 100 peserta dengan perincian, Dit Samapta 38 pers, Sat Brimob 18 pers, Dit Polair 10 pers, Dit Lantas 10 pers, sedangkan pelatih BPBD 2 pers, Basarnas 2 pers, Biddokkes 8 pers, Brimob 2 pers,Dit polair 2 pers, Dit Samapta 8 pers, dengan materi SAR Laut, SAR Darat, Manajemen tanggap bencana, praktek SAR Laut dan SAR darat. (Yuli/Hendy)


Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: