Bupati Batubara Buka Acara Pembekalan Dan Evaluasi Kinerja Pendamping Sosial PKH

0 Comments



Lima Puluh - Bupati Batu Bara Ir H Zahir M.AP diwakili Sekretaris Daerah Sakti Alam Siregar SH secara resmi membuka acara pembekalan dan evaluasi kinerja para pendamping sosial Program Keluarga Harapan ( PKH ) diaula Kantor Bupati Jln Perintis Kemerdekaan Lima Puluh, Kamis pagi 17/12.

Dalam sambutannya Bupati Batu Bara yang diwakili Sekretaris Daerah Sakti Alam Siregar menjelaskan bahwa para pendamping sosial PKH dalam bekerja harus memahami tugas pokok dan fungsi sebagai pendamping sosial PKH agar masalah masalah sosial, khususnya kemiskinan dapat cepat teratasi.

Saya masih melihat kata Sakti Alam bahwa peserta PKH yang antri mengambil bantuan non tunai yang disalurkan pemerintah menunjukkan bahwa peserta PKH tergolong mampu.

Didampingi Ketua TBUPP Drs Syaiful Syafri MM, Syahril Tambuse, SH dan Ir. Azwar Hamid MSC, selaku nara sumber, serta Kadis Sosial Ishak SPD dan Kordinator Pendamping Sosial PKH Mukhrizal Arif SE, MSI ditegaskan Sakti Alam para pendamping sosial harus berani menetafkan para keluarga yang tidak mampu sesuai klasifikasi persyaratan kemiskinan yang berhak memperoleh bantuan sosial, jangan karena ada hubungan emosianal dari yang diusulkan seorang kepala dusun, atau kepala desa atau kerjasama lainnya.

Sakti juga menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Daerah telah melakukan pemutakhiran data terpadu kesejahteraan sosial ( DTKS ), karenanya data2 dimaksud harus sinkron dengan data yang di kerjakan para pendamping sosial, dan sebelumnya saya sempat menerima laporan  seolah olah dampak pandemi covid 19, data masyarakat miskin di Kabupaten Batu Bara melonjak  hingga 86 persen dari jumlah penduduk di Batu Bara.

Ini tidak benar tegas Sekda Sakti Alam Siregar, Sementara itu Kordinator Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan ( PKH ) Kabupaten Batu Bara Mukhrizal Arif SE, MM menjelaskan bahwa terget graduasi tahun 2021 bagi peserta PKH dapat kita selesaikan sebanyak 40 persen atau 7.938 Kepala Keluarga, karena kita telah berhasil melakukan graduasi sebanyak 2884 KK tahun 2019 dan 1986 KK Pada tahun 2020.

Karenanya para pendamping sosial PKH di setiap desa se Kabupaten Batu Bara  harus mampu memotivasi peserta PKH untuk mampu meningkatkan pendapat keluarga melalui pengembangan ekonomi kreatif dan sejenisnya.    

Kita para pendamping sosial PKH harus disiplin, kerja keras, dan  berinovasi dalam bekerja dan  memotivasi para peserta KPM PKH untuk mampu membangun ekonomi kreatif dan bekerja secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Untuk itu kata Arif ditahun 2021 kita akan melengkapi 5 modul yang sudah ada seperti pengasuhan dan pendidikan anak, kesehatan dan gizi, pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha, perlindungan anak serta Modul kesejahteraan lansia dan disabilitas.

Kita harus bisa mendirikan 50 usaha rintisan PKH meng advokasi 300 anak PKH ke Perguruan Tinggi dan mendistribusikan anak2 tingkat SMP ke SMK serta meng evaluasi secara bertahap data DTKS. (Rahmat Hidayat)


Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: