KAI Kukuhkan 43 Advokat Sumsel

0 Comments

Barometer99 - Palembang

Sidang terbuka dewan pimpinan pusat (DPP) Kongres advokat Indonesia (KAI) dengan agenda pengukuhan sebagai advokat kongres advokat Indonesia diwilayah hukum pengadilan tinggi Sumatera Selatan (Sumsel) yang digelar dihotel Beston Jum'at (11/12/2020).

Sebanyak 43 Advokat baru telah diambil sumpah dan diangkat DPP KAI,Sidang Terbuka DPP KAI ini dipimpin langsung Presiden Kongres Advokat Indonesia Adv. H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, SH. MH. CLA. CIL. CLI. CRA.

Presiden kongres advokat Indonesia (KAI) . Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, SH. MH. CLA. CIL. CLI. CRA.Menyampaikan dalam sambutannya landasan hukum pengangkatan Advokat ini telah diatur dalam Pasal 2 ayat (2) UU No. 18 Tahun 2018 tentang Advokat.

"Hari ini adalah puncak dari seluruh rangkaian proses seseorang menjadi advokat karena hari ini saudara dipandang telah memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam pasal 2 ayat 1 junto pasal 3 ayat 1 junto pasal 4 ayat 1," katanya.

Menurut yang disampaikan nya, Advokat adalah orang yang berprofesi memberikan jasa hukum baik didalam maupun diluar pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan ketentuan undang-undang Advokat, jadi Adpokat itu adalah orang yang berprofesi memberikan jasa hukum ini secara profesional.

"Profesi kita untuk membantu para pencari keadilan sekaligus ini adalah profesi yang mampu menghidupi kita dan keluarga kita komersial,karena yang tidak formasi umum itu diaturnya di dalam undang-undang nomor nya adalah nomor 16 tahunnya 2011 jadi berbeda bankum dengan Advokat kita profesional seperti saya tidak punya pekerjaan lain. Pekerjaan saya adalah apakah kita juga diwajibkan untuk memberikan pelayanan dan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat yang tidak mampu jawabannya Iya karena diatur di dalam pasal 2 undang-undang atau kan jadi kita wajib memberikan bantuan hukum bagi mereka yang tidak mampu", tegasnya.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik  DR H Rosidin Hasan, MPDi, mengharapkan Dengan adanya KAI ini yang memiliki Biro hukum dan akan menjadi mitra untuk menguatkan penegakan hukum di Sumatera Selatan.

"yang nantinya akan bersinergi antara biro hukum dengan Advokat yang ada d lapangan akan menjadi satu mitra penguatan terhadap penegakan hukum disumatra selatan," harapnya.

Sementara Dodi Yuspika SH, MH Sekretaris daerah DPD KAI Sumsel mengharapkan dengan dikukuhkannya Kongres Advokat Indonesia (KAI) agar advokat Sumsel dapat menegakkan keadilan dan kebenaran terkhusus diwilayah Sumsel.

"Sebanyak kurang lebih 43 orang yang sudah dikukuhkan dengan maksud dan tujuan Untuk mencapai resesi modern ditahun 2021,akibat banyak nya pelanggaran hukum setelah masa Pandemi," katanya (Ati)

Rizqy Zurriyati

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: