PENGABDIAN TIDAK MENGENAL MENYERAH, KORAMIL 17/DB MEMBUKTIKANNYA

0 Comments


Barometer99- DATUK BANDAR. Letak geografis Kota Tanjung balai yang berdekatan dengan bibir pantai Selat Sumatera (Selat Malaka) dan merupakan muara dari beberapa sungai dari pegunungan bukit barisan berakibat rentan terjadinya banjir jika musim penghujan tiba. Sebagai contoh saat ini, genangan banjir yang sudah berlangsung 5 (lima) hari juga tak kunjung surut, bahkan kondisi banjir akan semakin parah jika air laut mengalami pasang.
Koramil 17/DB Kodim 0208/AS yang berada di wilayah kota Tanjung Balai serta memiliki 3 (tiga) kecamatan wilayah binaan ditambah lagi wilayahnya yang dilalui tiga aliran sungai yang bermuara kelaut, yaitu sungai Bandar Jepang, sungai Bandar Jaksa dan sungai Silau dengan kelebaran antara 10-25 meter.

Dengan kondisi seperti ini tentunya mempunyai tugas yang cukup berat dalam mendata, mengkoordinasikan dengan instansi terkait dalam upaya membantu masyarakat, baik mengevakuasi atau memberi bantuan sosial sesuai kemampuannya.

Kepada media, Danramil 17/DB Kapt Inf T. Lumbanraja menyampaikan, "kondisi banjir yang terjadi merupakan bencana alam yang dalam penanganannya memerlukan kerjasama dan koordinasi yang baik bersama instansi lainnya, dibutuhkan aturan kebijakan dan perencanaan pembangunan oleh para pemimpin agar banjir seperti ini tidak lagi berulang, diketahui bahwa kejadian seperti ini bukan hanya kali ini saja terjadi. Kami dari instansi TNI dan sesuai aturan yang ada hanya bertugas membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, untuk kebijakan dan keputusan ada ditangan pemerintah. 

Sekalipun demikian, sebagai insan manusia yang mempunyai sifat sosial, TNI tidak tinggal diam menunggu permintaan bantuan dari pemerintah, sebagai satuan kewilayahan yang bertugas membina wilayah dan masyarakatnya tetap memberikan kepedulian kepada warga yang terdampak banjir, tentunya semampu kami", jelasnya. (12/12)
Saat meminta penjelasan dari Danramil 17/DB dilokasi banjir, ternyata kantor Koramil 17/DB juga digenangi oleh air banjir, akan tetapi kendati demikian kondisi kantor ditambah pandemi covid 19 yang masih perlu penanganan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, para Babinsa Koramil 17/DB tidak berputus asa atau menyerah dan tetap peduli serta membantu warga binaanya yang terdampak banjir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Pendim 0208/AS)

Admin

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: