RM. Fauwaz Diradja SH., MKn. Dan Ketua FPB Idham Rianom Ajak Wong Palembang Mengenal Adat Istiadat Dan Budaya Palembang

0 Comments

Barometer99- PALEMBANG, Pada hari Rabu lalu (16/12/2020), ketika Wartawan media ini bersilaturahmi ke Kantor Notaris dan PPAT RM. Fauwaz Diradja SH., MKn., yang terletak di samping Polda Sumsel bersebelahan dengan Rumah Makan Sederhana Simpang Polda Palembang, dengan sambutan yang bersahabat dan hangat.
Walaupun sibuk RM. Fauwaz Diradja SH., MKn., tetap bisa kami wawancarai.
Tema yang di ambiil adalah "Pelestarian Adat Budaya Palembang ".

"Adat Budaya dengan ciri khas Palembang yang ada di Provinsi Sumatera Selatan ini sebenarnya banyak sekali, selain Benteng Kuto Besak, Pemakaman, dan candi-candi yang ada di seputaran Palembang",ujar RM Faujaw.

Sangat disayangkan pada masa sekarang ini banyak yang tidak mengenal akan budaya khas daerahnya. 

" Maka dari itu RM. Fauwaz Diradja SH., MKn. Penerus dari Sultan Mahmud Badaruddin III dan juga Penasehat pada Forum Palembang Bangkit mengatakan bahwa kita harus bisa melestarikan seni budaya daerah baik dari lagu daerah, makanan khasnya dan situs-situs budaya yang ada di Propinsi Sumatera Selatan ini dan juga perlu tahu dari mana sejarahnya ada penyebutan gelar Raden dan gelar lainnya apa makna dari hal tersebut", Ungkapnya.

Fauwaz mengajak Wong Palembang agar bisa melestarikan adat istiadat dan budaya Palembang agar anak cucu nanti bisa mengenal sejarah Palembang.

Ketua Forum Palembang Bangkit ( FPB ) Idham Rianom mengatakan "Harus dilestarikan dan disosialisasikan kembali nilai kearifan lokal kepada generasi muda, Agar tidak tergerus oleh budaya asing",tegasnya.

" Kedepan Forum Palembang Bangkit (FPB ), mengusulkan kepada Pemerintah Kota atau Pemerintah Provinsi untuk dapat membuat Rumah Budaya Khas Palembang di Pusat Kota, ini sebagai wadah tempat berkumpulnya para penggiat adat dan budaya sehingga dapat menampung dan melestarikan serta mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal yang ada, khususnya adat istiadat dan budaya Palembang", ungkap Rianom.

Lanjut Idham Rianom bahwa Motto FPB ( Forum Palembang Bangkit ) adalah " Bangkit Bersatu, Bersinergi Bergerak untuk maju, Angkat Harkat dan Martabat wong Palembang".
( Nv- Yuli )

Admin

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: