Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal

0 Comments

Barometer99- Buru/Namlea- Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Siwalima 2020 dengan tema "Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal.Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Siwalima 2020,Dan Tahun Baru 2021 Di Tengah Pandemi Civid-19,yang bertempat dilapangan apel Polres P. Buru desa Namlea Kecamatan Namlea Kabupaten Buru.21 desember/2020.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres P. Buru AKBP. Egia Febri Kusumawiatmaja, S.I.K M.I.K.Dandim 1506/Nla Letkol Arh Agus Guwandi, S.A.P., M.Tr Han )Asisten I Pemkab Ir.Masri Bugis.Wakapolres P. Buru Kompol Bahcri Hehanussa SE, M.SI.dan Para Kabag, Kasat dan Perwira Polres P. Buru


Danki 731/Kbr Kapten Inf Redo R Efendi S.ST. Han.Pasi Ops kodim 1506/Nla  Kapten Inf Husen Malagapy Dan SubdenPom Kapten Cpm M.S  Kurniawan
Kadis Perhubungan Jamaludin Samak, S.STP,Kepala Pelaksana BNPB Ir. Hj. Hadi Zulkarnaen M.M,Kepala Pos Sar Namlea Rahmat Galaxi Palapia,Kasat Pol PP diwakili Hasan Ipa,KPLP Pelabuhan Namlea, Sahar.Kasi Pemadam Kebakaran Abdi Getek SE,Sekretarais MUI Kab, Buru Ustad Harun Awad.
Adapun rangkaian kegiatan tersebut Perwakilan penyamatan pita Operasi Lilin Siwalima 2020 dari Polres, Subden Pom dan Perhubungan.Amanat dibacakan Asisten I kabupaten buru Ir. Masri Bugis:

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin 2020” dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya. 

Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Poiri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara,hinga pelabuhan,  

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan. 

Untuk itu, saya harapkan seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, Sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah. 
Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, yaitu sebagai berikut;
Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME
Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.
Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan gntisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 9020 dan perayaan tahun baru 2021.
Laksanakan pengamanan secara profesional dan harmonis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.
Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas."ungkapnya.
(WI)

Admin

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: