OKKNA Hadirkan Grup Nasyid Se -Aceh Pada Silaturrahmi Perdana

0 Comments

Hadirnya OKKNA, diharapkan dapat membatu membentuk karakter generasi berbudaya islami


Bireuen - Barometer99.com
OKKNA (Organisasi Komunitas Keluarga Nasyid Aceh) gelar silaturrahmi perdana, Kegiatan menampilkan Lantunan Nasyid Grup perwakilan dari 23 Kabupaten/Kota. 

Kegiatan digelar dipekarangan Meunasah Gampong Kareung Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen,  Sabtu, 30 Januari 2021.

Ketua Umum OKKNA (Organisasi Komunitas Keluarga Nasyid Aceh) Tgk Juanda kepada Barometer99.com menyampaikan, kegiatan digelar guna menyatukan persepsi dalam kimutitas Grup Nasyid Aceh. Selain menjalin silaturrahmi antar sesama anggota grup dari berbagai kabupaten/Kota,

OKKNA merupakan kumpulan dari komunitas Nasyid yang dicetuskan oleh kalangan santri dari berbagai Dayah (Pasantren) kemudian dirangkum dalam satu wadah keorganisasian, dalam upaya membantu mewujutdkan gaya hidup bernuansa islami, Tgk Juanda menjelaskan


Melaui lantunan Nasyid berbeda dari setiap Grup dan daerah terus dikembangkan, pada event dan kegiatan. Nasyid terbagi dalam beberapa kategori diantaranya  berupa,  Nasyid Harmoni, Akapela, Nasyid Semi dan Hazrah, yang merupakan lantunan nasyid  dibarengi alat musik tradisional berupa Rebana, Rapa'i dan sejenisnya.


Ketua OKKNA menuturkan
"Hadirnya Okkna, diharapkan dapat membatu membentuk karakter generasi berbudaya islami, sehingga kekhususan dan lokalitas budaya bernuawansa serta peradaban yang sudah terwarisi dari masa kesulthanan menjadi siraman rohani bagi generasi. Ini perlu dilestarikan dari masa kesemasa", tuturnya.

Sementara Geuchik (Kades) M Nur Ismail didampingi Sudirman, selaku Ketua Gampong Kareueng Kecamatan Kuala kabipatwn setempat mengatakan, "Terpilihnya desa kami (Kareueng) sebagai pusat pelaksanaan kegiatan, merupakan satu kebanggaan tersendiri", Ungkapnya.


"Apalagi kegiatan tersebut merupakan kegiatan perdana yang digelar OKKNA di Provinsi Aceh, ditambah domisili ketua pengurus (Tgk Juanda)  salah satu guru di Pasantren Istiqamatuddin, menjadikan satu keistimewaan hingga terpilih sebagai titik pelaksanaan silaturahmi perdana", kata Geuchik.

Kegiatan tersebut terlaksana berkat dukungan penuh kaum pemuda selain para perangkat dan masyarakat Gampong Kareung. Diharapkan pada tahun selanjutnya juga mendapat dukungan serupa, walau di kabupaten manapun kegiatan dan gelar OKKNA dilaksanakan.

Kegiatan Silaturahmi Perdana dengan moment Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H, menghadirkan unsur pengurus OKKNA Aceh diantaranya, Tgk Saiful L.a, Tgk Musfikar Fendi, Tgk Wiskarmi, Tgk Kareem, Tgk Taufik Hidayat, selain Ketua dan Anggota Grup Nasyid perwakilan dari 23 Kabupaten/Kota.

Jurnalis : Juwaini Husein

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: