PIA AG DAERAH II KOOPSAU II SELENGGARAKAN CERAMAH ETIKA PERGAULAN DAN KOMUNIKASI DALAM BERORGANISASI

0 Comments



Barometer99- Dengan bertemakan "Etika Pergaulan dan Komunikasi dalam Berorganisasi" yang diangkat dalam pelaksanaan ceramah secara virtual yang diselenggarakan oleh PIA AG Daerah II Koopsau II, Makassar (27/1/2021). 

Turut hadir Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., Ketua PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II Ny. Wanti Minggit Tribowo, Kepala Staf Koopsau II Marsma TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M., Wakil Ketua PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II Ny. Widyargo Ikoputra, Para Pengurus PIA Daerah II Koopsau II, Para Ketua Cabang dan Ketua Ranting jajaran Koopsau II, serta Para Istri Perwira jajaran Koopsau II.

Pangkoopsau II Dalam sambutannya mengatakan bahwa kita sebagai manusia sekaligus makhluk sosial, memerlukan norma-norma dalam bersosialisasi, yang berpedoman pada nilai-nilai tata krama sesuai kebiasaan yang berlaku dalam tatanan kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi. Organisasi PIA Ardhya Garini juga memiliki tatanan dalam berkomunikasi, yang harus dipatuhi dan diikuti oleh seluruh istri TNI AU.

‘’Saya berharap ibu-ibu semua dapat menjalankan peran sebagai istri pendamping suami, yang mampu menjaga harkat dan martabat suami , mendorong kesuksesan suami dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan sesuai dengan tanggung jawabnya dan menciptakan kehidupan berumah tangga yang harmonis’’. Kata Pangkoopsau II.
 
Lebih lanjut Pangkoopsau II mengatakan, selain peran ibu di dalam organisasi dan sebagai pendamping suami, ada peran yang tidak kalah penting, yaitu peran ibu sebagai pendidik anak-anak. Di era pandemi ini dampingi anak-anak dalam menuntaskan pendidikan dengan sistem pembelajaran jarak jauh dengan tetap meletakkan dasar-dasar budaya yang luhur di usia dini.
 
‘’Karena masa depan dan kesuksesan anak-anak menjadi tanggung jawab sekaligus kebanggan kita. jadikan anak- anak kita sebagai aset masa depan bangsa menuju indonesia emas tahun 2045 dan tentu saja juga sebagai aset masa depan keluarga’’. Ungkap Perwira tinggi berpangkat bintang dua ini.

Di akhir sambutannya Pangkoopsau II berharap dengan peran ibu sebagai pendamping suami dapat mendorong tugas-tugas suami agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Perwira TNI Angkatan Udara guna mewujudkan TNI Angkatan Udara yang disegani. Untuk mewujudkan itu semuanya diperlukan adanya loyalitas, dedikasi dan integritas terhadap organisasi PIA AG dan TNI Angkatan Udara yg kita banggakan.

Sebelumnya Ketua PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II Ny. Wanti Minggit Tribowo, ketika menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa tata krama dalam budaya timur lebih menitikberatkan kepada norma-norma sopan santun dalam masyarakat, norma-norma itulah yang menjadi nilai dan tata krama dalam budaya masyarakat yang beretika, termasuk dalam berorganisasi di PIA Ardhya Garini.

Ibu Wanti juga mengatakan bahwa budaya timur senantiasa menjunjung tinggi adat istiadat, sopan santun dan senantiasa memperhatikan norma-norma yang ada, sehingga dapat menciptakan suatu keselarasan. 

Sementara Ibu Devy Mursanto menjelaskan secara gamblang tentang pentingnya etika pergaulan dan komunikasi dalam berorganisasi untuk menciptakan suatu hubungan yang harmonis antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu perlu adanya sikap yang tepat saat berhubungan dengan orang lain. 

Ibu Devy Mursanto juga menjelaskan tentang tahapan-tahapan dalam bertemu dengan orang lain melalui ucapan salam, berbicara, cara berjalan, cara berpakaian dan lain sebagainya. (DD/YL)

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: