PPKM Hari Pertama, Forkopimda Gresik Kompak Sidak ke Mall

 




Barometer99.com, Gresik-Jatim - Polres Gresik bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Gresik melakukan sidak ke sejumlah mall atau pusat perbelanjaan di Kota Pudak, Senin (11/1/2021) malam.

Pemantauan tersebut dilakukan untuk memastikan pusat perbelanjaan atau mall telah melaksanakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di hari pertama.

Adapun Operasi dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Gresik Mochammad Qosim didampingi Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H., S.I.K., M.M., Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos., M.I.Pol., Kasatpol PP Gresik Abu Hassan, dan segenap anggota.

Dimulai dari rute Kantor Bupati Gresik Jalan Wahidin Sudirohusodo menuju ke Icon Mall, operasi berlanjut menuju Jalan Kalimantan GKB ke Gressmall dan ke Hotel Aston, hingga menuju ke arah bukit Putri Cempo.

“Kami sangat mengapresiasi tempat-tempat usaha yang telah mengindahkan surat edaran bupati terkait PPKM. Dengan menerapkan jam malam dan menegakkan disiplin protokol kesehatan covid-19,” ujar Wakil bupati Mochammad Qosim saat meninjau pusat perbelanjaan di Icon Mall.




Dalam kesempatan tersebut Wabup Mochammad Qosim mengajak seluruh masyarakat dan pelaku usaha untuk bersama-sama mematuhi kebijakan pemerintah terkait PPKM. Ia meyakinkan bahwa kebijakan ini semata-mata untuk melindungi masyarakat dari Covid-19.

Sementara itu, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H., S.I.K., M.M., mengatakan, dari hasil pantauan malam ini, pusat perbelanjaan di Kota Pudak sudah terlihat tertib.

"Terkait sanksi bagi tempat usaha atau masyarakat yang melanggar PPKM, masih menggunakan Inpres No.6 tahun 2020, Perbup Nomor 22 Tahun 2020. Mulai dari sanksi sosial, denda hingga pencabutan izin usaha," ungkap AKBP Arief Fitrianto.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menambahkan, pembatasan operasional hingga pukul 20.00 WIB tak hanya berlaku pada pusat perbelanjaan. Namun, warung kopi, restoran, maupun kafe yang ada di luar mall juga wajib menerapkan.

“Inti dari PPKM ini adalah membatasi kegiatan masyarakat. Nah, kegiatan masyarakat yang tidak produktif itu harus dihindari, pihaknya siap menindak tegas bagi masyarakat yang melanggar ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan terkait jam malam," jelas AKBP Arief Fotrianto.

Menurutnya, pengawasan malam ini tak hanya dilakukan di tingkat Forkopimda Gresik. Namun, jajaran di setiap polsek juga melakukan pemantauan di masing-masing wilayahnya. Terutama wilayah yang terdapat pusat perbelanjaan.

“Yang di polsek masing-masing yang ada giat fasilitas umum, toko modern juga melakukan pengawasan. Pukul 20.00 WIB juga harus tutup,” katanya. (Hendy/Yuli)



Hendy Abii

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: