Wakil Walikota Langsa Pajoh Khauri Maulod Bersama Warga Dusun I Jeumpa, Gp. Matang Seulimeng, Kota Langsa

0 Comments

Wakil Walikota Langsa, DR.H.Marzuki Hamid MM, Bersama Ketua Panitia Pelaksana Khauri Maulod, Nazaruddin.
(Barometer99.com - Aceh)

Kota Langsa - Barometer99.com
Warga Dusun Jeumpa, Gampong Matang Seulimeng, Kecamatan  Langsa Barat, Kota Langsa Peringati hari kelahiran Nabi dengan tetap mempertahankan tradisi Khauri setiap memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tradisi turun-temurun yang rutin tiap tahunnya dilaksanakan itu, sangatlah menjadi keistimewaan tersendiri bagi warga Lingkungan I/Dusun Jeumpa, Gampong Matang Seulimeng yang untuk setiap tahunnya tetap tidak menghilangkan tradisi yang ada, Berupa "Bu Kulah" atau Nasi Minyak yang di bungkus dengan Daun Pisang yang sebelumnya terlebih dahulu di layukan.

Pada setiap tahunnya, Untuk Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W ini, Daging Sapi yang telah menjadi langganan warga dusun Jeumpa melalui racikan bumbu berkuah kental yang menjadi menu utama dan ciri khas tradisi ditambah dengan "Boh Itek Masen" (Telur Bebek Asin) dan Acar Nenas, yang mana menu tersebut langsung dimasak pada hari acara Khauri secara bersama - sama.
Kadis PUPR Kota Langsa, Muharram ST. M.Si Bersama warga dan Pemuda Dusun Jeumpa.

Amatan Barometer99.com, Minggu, 17 Januari 2021, Tampak Hadir Wakil Walikota Langsa, DR. H.Marzuki Hamid MM, Kadis PUPR Kota Langsa, Muharam, ST, M.Si,, Ketua Hanura kota Langsa, Ali Sadli, Camat Langsa Barat, Hadi Wijaya, S.S.T.P, M.S.P, Imum Chik, Tgk. Bukhari,  Pj. Geuchik Gampong Matang Seulimeng, Yundi Mauliza, S.S.T.P, Kadus Jeumpa, Safrizal dan Ketua Pemuda Dusun serta Para tokoh masyarakat juga para tamu undangan lainnya.

Wakil Walikota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid MM, yang di dampingi Kadis PUPR Kota Lqngsa, Muharam ST. M.Si dan Camat Langsa Barat, Hadi Wijaya, S.S.T.P. M.S.P yang baru saja dilantik 5 (lima) hari lalu, Mengucapkan Terima Kasih atas undangan "Pajoh Khauri Molod" Bersama pada hari ini dengan warga dusun Jeumpa khususnya Gampong Matang Seulimeng secara keseluruhan, Ujarnya.

"Dirinya juga mengapresiasi kinerja Panitia Pelaksana Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriah ini dengan Lancar dengan tanpa adanya gangguan walau sekecil apapun, Kata Wakil Walikota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid MM.
Ketua Hanura Kota Langsa, Ali Sadli  (Alpis) Usai Pajoh Khauri Maulod di Meunasah Setempat.

Sementara Pj. Geuchik Gampong Matang Seulimeng, menyampaikan, Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriah ini dapat di jadikan Momen untuk membangkitkan dan menjaga semangat Nabi dalam diri umat khususnya untuk warga dusun Jeumpa dan Masyarakat, Gampong Seulimeng ini" ungkap Yundi Mauliza S.S.T.P.

Jelas Yundi kembali, Melalui Tradisi Khanduri Maulod ini selain mempererat jalinan silahturahmi antar sesama dengan meneladani  sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. Serta ajang untuk berdoa memohon keselamatan, ketentraman, kemakmuran, serta keamanan bagi seluruh warga masyarakat Gampong Matang seulimeng dan Kota Langsa secara keseluruhan, Tukasnya.

Ditempat yang sama, Nazaruddin yang didampingi Ali Sadli atau yang lebih dikenal dengan sapaan Alpis dan Murad yang juga merupakan tokoh panutan Gampong setempat mengatakan, Saya hari ini sangat bersyukur atas Rahmad yang di berikan Allah SWT dengan diberi kesempatan untuk kembali dapat melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad di tahun ini dengan harapan untuk tahun depan juga masih di beri kesempatan yang sama, Tuturnya.

Laporan : Kaperwil Aceh
Editor     : Korwil Aceh

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: