Bupati Lahat Cik Ujang.SH Membuka Louncing Bank Sampah Di Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)

0 Comments



Lahat Barometer99.com - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, Bank Sampah semidang indah Desa manggul resmi di buka oleh Bupati lahat cik ujang SH bekerja sama dengan Dinas lingkungan hidup ( DLH ) dengan tema.” Sampah Bahan Baku Ekonomi Dimasa Pandemi” . Senin (22/02/2021)

Turut hadir di kegiatan tersebut Ketua DPRD Fitrizal Homizi, S.T., Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, Kapolsek Kota Iptu Irsan, Kepala DLH Lahat Ir. Agus Salman, Kepala BPBD Ali Afandi, Kepala Dinas Kominfo Rudhi Dharma, Kepala Dinas Koperasi Yahya Edward, Kasat Pol PP Fauzan Khoiri, dan Plh Kadinkes Lahat Taufik M Putra.
Hermansyah Kades Manggul menyadari dengan keberadaan sampah yang menumpuk, sehingga membantu program Kabupaten Lahat menjadi bersih dan bercahaya dengan adanya DP Partner ini sampah yang menumpuk untuk dipilah sehingga yang tadinya sampah yang tak berarti menjadi pundi rupiah.
“Ayo bersama kita menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan kita belajar mengelola sampah rumah tangga menjadi nilai ekonomi,” ajaknya.

Di kesempatan nya bupati lahat cik ujang menjelaskan pemerintahan kabupaten lahat sangat mengapresiasi dengan terbentuknya bank sampah semidang indah di desa manggul ini, ini akan menjadi contoh untuk desa desa lain agar dapat membentuk bank sampah di desa kabupaten lahat agar mengurangi tumpukan sampah di kabupaten lahat.
"untuk bank sampah yang masih berada di tengah kota untuk di sosialisasikan agar di pindahkan ke pinggir kota lahat agar tidak menyebabkan bau yang mengganggu masyarakat." Ucap cik ujang

Manfaat bank sampah Berkurangnya timbunan
Sampah rumah tangga, lingkungan akan menjadi lebih bersih dan asri serta timbulnya kemandirian keluarga secara ekonomi. kegiatan pengelolaan sampah melalui bank sampah telah banyak dilakukan di daerah lain dan terbukti memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mulai adanya kesadaran dari bahwa sampah bukan lagi sebuah musuh yang harus dihindari melainkan bisa diubah menjadi berkat yang mampu memperbaiki perekonomian bangsa. 

Bripka Dodi Permana SH, MM selaku Direktur Sampah Induk Kabupaten Lahat mengatakan bahwa selama 3 bulan secara swadaya kami membangun Bank Sampah Semidang Indah di Desa Manggul, sampah yang ada Anorganik dan Organik nantinya akan kami pilah sampahnya. Alhamdulilah Sampah yang dihasilkan menjadi Megot.

pemaparan dari Direktur Bank Sampah Semidang Indah, Dodi Permana yang menjelaskan bahwa dari pengelolaan Bank Sampah akan dihasilkan Magot Larva dari lalat hitam “Black Soldier Fly “yang mengerubungi sampah organik rumah tangga, Magot tersebut bisa dipakai untuk pakan ternak, itulah nilai ekonomi nya, Bahkan kami telah dapat pesanan ekspor ke Korea,” ujar dodi

Dilaporkan : Nita 

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: