Jokowi Adalah Anugerah Tuhan Bagi Indonesia

0 Comments

 

Foto Ilustrasi (dok.Barometer99)

OLEH : SUDARMAJI


Barometer99- Tahukah kamu , Bandaro,kata teman dari China waktu bertemu di Hong Kong, bahwa para ibu selalu mengingatkan kepada kami para ayah agar meniru karakter Jokowi." Mengapa ?  Karena liputan pernikahan putra Jokowi yang begitu sederhana dan cara dia mendidik anak dengan kemandirian tanpa bayang bayang dirinya menjadi inspirasi bagi orang China. 

Entah mengapa inspirasi tentang Jokowi sempat beredar di medsos China dan di gunakan sebagai sarkasme atau satire kepada elite china yang masih suka menumpuk harta untuk kebanggaan keluarga.Pemerintah cina tidak melarang.Di biarkan begitu saja.Karena program hidup sederhana memang sedang dalam propaganda pemerintah Cina sekarang..

Dalam satu pertemuan dengan banker dari Eropa, dia sempat menyampaikan bahwa kebijakan ekonomi Jokowi adalah akrobat terberani di era sekarang bahkan mungkin paling berani sejak 30 tahun belakangan. Betapa tidak. Di tengah krisis global dimana pasar menyusut di semua sektor , Jokowi melaksanakan stimulus ekonomi melalui kekuatan fiskal yang sangat terbatas.Banyak negara lain,  bahkan Eropa dan Amerika cenderung menggunakan dana fiskal untuk program sosial agar rakyat melupakan krisis hutang negara tapi tidak berdampak apapun bagi masa depan.

Keberanian Jokowi  membuka diri kepada negara manapun tanpa hak eklusifitas terhadap satu negara. Dia tidak takut akan dampak dari sikapnya. Termasuk hantaman dari proxy negara asing yang terus menciptakan rumor buruk terhadapnya.Apalagi indonesia terjepit dalam konplik laut china selatan antara Cina dan Amerika.Ini tidak mudah.  Dan ditengah situasi yang genting itu dia berani melakukan struktur ekonomi dari berorientasi konsumsi ke produsi..Reformasi pajak dan reformasi semua hal yang menghambat kemajuan ekonomi. Dia menciptakan musuh kemapanan politik yang biasa di suap dan hidup dari bisnis rente

Semua itu dilalui nya dengan tenang dan penuh perhitungan. Keyakinannya bukan kepada sumber sumber ekonomi tapi karena mental bangsa indonesia itu memang kuat sekali. Indonesia akan selalu punya cara menyelesaikan konplik politik dengan elegant tanpa harus bercerai. Indonesia belajar dari pengalaman buruk pergantian kekuasaan dan ini di jaga momentumnya oleh Jokowi untuk mendorong semua kekuatan elemen masyarakat dalam satu tekad menjadi indonesia hebat.

Saya hanya tersenyum. Namun teman dari cina berkata bahwa semua itu karena Jokowi ..nothing to lose.Kebijakan dibuat memang tidak ada konplik kepentingan pribadi.Semua karena untuk kepentingan nasional. Banyak yang tidak suka namun akal sehat akan selalu menang.Kelompok menengah Indonesia akan menjadi kelompok pencerah atas sikap Jokowi dan menjadi magnit bagi kelompok bawah untuk memahami bahwa kekuasan bukan lampu aladin merubah segalanya dengan mudah tapi adalah  sistem yang memaksa semua orang harus berbuat yang terbaik bagi negara, masyarakat dan keluarganya....



Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: