SIDANG ISTIMEWA LAPORAN TAHUNAN MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2020

0 Comments

Barometer99- Rabu 17/02/21 Pelaksanaan Sidang Istimewa Mahkamah Agung RI dengan Acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2020 bertempat di Gedung Mahkamah Agung RI Jakarta. Dengan mengusung tema Optimalisasi Peradilan Modern Berkelanjutan. Ketua Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura Dr. Yengkie Hirawan S.Ag.,M.Ag turut hadir secara virtual pada acara tersebut dari ruang Media Centre Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura.
Rapat Laporan Tahunan tersebut dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung RI Y.M. Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin,SH.,MH, bersama dengan Y.M. Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Yudisial Dr. Andi Samsan Nganro, SH., MH dan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial Y.M. Dr. Sunarto, SH., MH beserta Ketua Kamar Mahkamah Agung RI dan Tamu Undangan dan peserta rapat yang hadir seperti Y.M Hakim ad hoc,Pejabat eselon I di Lingkungan Mahkamah Agung RI, dan seluruh Ketua Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tingkat Banding di 4 Lingkungan Badan Peradilan di Bawah Mahkamah Agung RI baik secara langsung dan virtual.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Presiden Republik Indonesia Ir. H. Jokowidodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin secara virtual .
Pelaksanaan Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI berbeda dengan pelaksanaan Laporan Tahunan pada tahun sebelumnya karena berlangsung dalam dua tempat yang berbeda dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Secara garis besar di dalam pidato Y.M Ketua Mahkamah Agung RI mengatakan bahwa Penangan perkara tidak dapat dihentikan walaupun dalam kondisi Pandemi Covid 19 saat ini malahan semakin memacu kita untuk berinovasi . Beliau menyampaiakan apresiasi yang setinggi tingginya kepada hakim dan aparatur atas prestasi yang diraih selama tahun 2020 ini. Beliau juga mendoakan seluruh hakim dan aparatur yang sedang berjuang melawan pandemic covid 19.
Lebih lanjut, Pelaksanaan penanganan perkara sangat berisiko selama masa covid 19 ini maka Mahkamah Agungh RI harus mengambil Langkah cepat dengan merubah mekanisme persidangan secara konvensional menjadi peradilan elektronik. Pandemi mendorong percepatan regulasi dan tata cara persidangan secara elektronik.

Beliau juga menguraikan tentang pencapaian kinerja serta Rasio penanganan perkara secara umum dan e-court baik di tingkat pertama dan banding sepanjang tahun 2020 dimana telah berhasil melampaui target yang ditetapkan dan menjadi yang terbanyak juga terbaik sepanjang sejarah berdirinya Mahkamah Agung RI. Secara keseluruhan Sidang Istimewa Mahkamah Agung RI dengan Acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2020 berlangsung lancar hingga selesai.
(DD/YL)

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: