Ciptakan Lahan Produktif dan Ketahanan Pangan, Kakanwil Kemenkumham Aceh Mengapresiasi Kinerja Lapas Narkotika IIB Kota Langsa

0 Comments

Kalapas Narkotika IIB Kota Langsa , Heman Anwar, Amd. IP. SH Bersama Kasi Binadikgiatja, Yopi Syahputra, SH, dan Kasubsi Kegiatan Kerja, Juanda Nilsyah, SH, Saat Meninjau Lahan produktif Di Areal Blok Hunian WBP, Rabu, 31 Maret 2021. 
(Barometer99 - Aceh)

Barometer99, Kota Langsa -
Dalam rangka peningkatan pelayanan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Lapas Narkotika Kelas IIB Kota Langsa terus berupaya melakukan pembenahan baik bagi WBP maupun Pegawai.

Hal tersebut disampaikan Kalapas Narkotika Kelas IIB Langsa, Herman Anwar, Amd.IP. SH kepada Barometer99 diruang kerjanya, Rabu, 31 Maret 2021, Sekira pukul : 10.15 wib.

Herman juga menyampaikan, selain itu kami juga melaksanakan 2 (dua) program unggulan yakni program pembinaan mandiri dan kepribadian kepada WBP yakni Salah satunya dengan membuka lahan tidur menjadi lahan produktif selayaknya perkebunan sayur - sayuran guna pemanfaatan yang nantinya dapat di konsumsi oleh para WBP sendiri, ujarnya.

Disamping itu sayur - sayuran berupa kangkung, terong, singkong, sawi hasil dari Lapas Narkotika IIB Kota Langsa juga dapat kami pasok sebagai bahan kebutuhan makanan di Lapas IIB Langsa Kota, sebut Kalapas.

Allhamdulillah, dari hasil tersebut bisa menambah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dihasilkan para WBP dan di bidang pertukangan (Bingker) telah menghasilkan keterampilan berupa tempat tanaman hias dari besi, juga meubel yang mana masih di konsumsi para pegawai terlebih dahulu, imbuh kalapas.


Kasubsi Kegiatan Kerja, Juanda Nilsyah SH. mengatakan, Program Kemandirian dan Kepribadian ini sudah berjalan seiring dengan program rehabilitasi WBP yang sedang terlaksana hingga saat ini,

Lanjutnya, bentuk dari program kemandirian dan kepribadian yang dilaksanakan Selain bidang keagamaan juga bidang seni Contohnya seperti Meubel, Mimbar (Khubah), Podium maupun hasil kerajinan tempat bunga hias dan yang lainnya dengan harga bervariasi Antara Satu hingga mencapai 10 jutaan, ungkapnya.

D tempat yang sama Kasi Binadikgiatja, Yopi Syahputra SH, Menyampaikan Melalui program - program yang telah terlaksana atau yang akan dilaksanakan agar nantinya menjadi Motivasi bagi Para WBP yang mana dapat di simpulkan untuk tidak akan mengulangi perbuatan yang sama dengan harus kembali lagi ke dalam Lapas dan Semoga apa yang telah kami beri dan lakukkan agar senantiasa nanti dapat di kembang ketika WBP menghirup udara dengan dapat langsung berbaur bersama masyarakat, Tegasnya.

Kakanwil Kemankumham Aceh, Drs. T. Meurah Budiman SH, MH, melalui telefon selulernya mengatakan, Sealku Kakanwil kami sangat mengapresiasi terhadap semua kegiatan Pembinaan yang ada di Lapas Narkotika Kelas IIB Kota Langsa tepatnya di dalam pekarangan Blok hunian WBP, Tukasnya.

"Hal ini merupakan sebuah pemanfaatan di dalam lingkungan Lapas yang mana tadinya lahan tidur dapat dijadikan lahan produktif mengingat dimasa Pandemi Covid - 19 dapat menlaksanakan kegiatan kemandirian dan kepribadian serta juga dapat di kategorikan dengan menjaga ketahanan pangan khususnya bagi WBP yang berada di dalam Blok hunian LPN setempat, Kata Kakanwil Kemenkumham Aceh mengakhiri.(*)


Editor : Jefry Boy Isny

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: