DANREM 062/TN MENDAMPINGI KEPALA BNPB LETJEN TNI DONI MONARDO MENINJAU SIMULASI KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM TANAH LONGSOR

0 Comments

Barometer99- Kabupaten Bandung Barat Danrem 062/Tarumanagara mendampingi Letjen TNI Doni monardo meninjau simulasi kesiapsiagaan bencana alam tanah longsor bertempat di Gunung Leutik RW 16 Kampung Gunung Leutik Desa Giri Asih Kecamatan Batujajar Bandung Barat Jumat 12/03/2021

Kegiatan Latihan simulasi kesiapsiagaan dihadiri lk 150 orang, yang di selenggarakan atas kerjasama BPBD Kab. Bandung Barat, Kodim 0609/Cimahi, Polres Cimahi dan dinas terkait lainnya dalam rangka simulasi kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi menghadapi ancaman bencana hedrometrologi, tanah longsor di wilayah Kab. Bandung Barat.

Dilanjutkan Sambutan Bupati Bandung Barat yang diwakili Sekda Kabupaten Bandung Barat menyampaikan atas nama pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kepala BNPB beserta rombongan di Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat.

Bandung Barat merupakan Kabupaten yang rawan bencana, salah satunya adalah bencana yang paling tinggi adalah longsor. Berdasarkan dokumen kajian risiko bencana Kabupaten Bandung Barat tahun 2017 -2021 longsor kerap terjadi, dikarenakan adanya curah hujan yang tinggi seperti yang sedang kita alami beberapa bulan belakang ini. 

Bencana alam memang sulit untuk kita prediksi kapan dan dimana akan terjadi tetapi kita dapat mengasah kepekaan dan kewajiban kita terhadap tanda-tanda yang Allah berikan.

Diharapkan kita dapat melakukan antisipasi dari bencana itu sendiri, mengetahui jalur dan titik evakuasi merupakan suatu kunci untuk dapat menyelamatkan diri sendiri keluarga dan orang lain, saat bencana itu sedang terjadi dengan berbekal pengetahuan tersebut tentu akan memperlancar proses evakuasi sehingga diharapkan dapat mengurangi resiko korban jiwa dan harta benda.

Kegiatan yang kita lakukan hari ini sebagai bentuk perhatian pemerintah dan pemerintah daerah untuk mengurangi risiko bencana, kami atas pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala BNPB dan seluruh stakeholder yang terlibat pada kegiatan hari ini kerjasama atau kolaborasi menjadi implementasi dari upaya mengurangi dampak resiko bencana yang ada di wilayah kab. Bandung Barat.

Kemudian sambutan Kepala BNPB menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan juga Kabupaten Bandung Barat yang sangat cepat merespon, untuk para pejabatnya ada informasi lantas direspon dengan cepat, sehingga dalam waktu yang sangat singkat hari ini bisa dilakukan kegiatan latihan simulasi ini, semuanya dalam rangka memberikan perlindungan yang terbaik kepada masyarakat.

Saya memberikan apresiasi kepada seluruh komponen lain ke pemerintah daerah maupun masyarakat didukung TNI dan Polri BPBD, Badan SAR dan seluruh relawan yang hadir yang telah ikut serta dalam kegiatan ini.

Sambutan Dudi Sudrajat (Kepala BPBD KBB) menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah banyak membantu kami, tentunya pemerintah tidak mungkin menyelesaikan semua persoalan sendiri kita harus ada kerjasama. Kerjasama lima pilar diantara akademisi bisnis, community government, dan media.

Diakhir acara dilanjutkan meninjau kegiatan simulasi dan penanaman pohon oleh Kepala BPBD beserta rombongan.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Bpk. Viva Yoga (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI),
Bpk. Dudi Sudrajat (Asisten Administrasi Umum Prov Jabar), Bpk. Ir. H. Asep Sodikin M.UM (Sekda KBB mewakili Bupati KBB), Bpk. Paryono (Kajari Bale Bandung),
Kolonel Inf M. Muchidin (Danrem 062/Tn), Letkol Kav Tody Wahyudi, S.T (Dandim 0609/Cimahi), Kompol Agung (Wakapolres Cimahi mewakili Kapolres Cimahi), Kepala Pelaksnana BPBD Prov Jabar,
Bpk. Duddy (Kepala BPBD KBB)

(YL/DD)
Sumber : Penrem 062/Tn

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: