Evakuasi Korban Luka Menjadi Prioritas Denma Brigif 4 / Dewa Ratna

0 Comments


Barometer99.com - Harapan kesembuhan seseorang yang luka (korban) banyak ditentukan oleh waktu, dari saat mengalami luka sampai mendapatkan pengobatan yang tepat. Untuk memperoleh waktu yang sesingkat-singkatnya sejak ditemukannya korban sampai ketempat perawatan yang tepat diperlukan organisasi dan pengetahuan serta keterampilan yang cukup dengan kata lain korban harus dapat diangkut sedemikian rupa agar jangan sampai keadaan penyakitnya menjadi tambah parah/buruk.

Denma Brigif-4/Dewa Ratna sebagai Satuan Tempur harus bisa mengatasi contoh permasalahan seperti Pengangkutan Orang Luka (POL). Maka dari itu pada hari Senin (01/03/2021) bertempat di depan Aula, Prajurit Denma Brigif-4/Dewa Ratna menerima pembekalan materi dari anggota Seksi Kesehatan Kompi Markas Denma tentang Pengangkutan Orang Luka (POL).
Pengangkutan Orang Luka secara garis besar ditujukan untuk memindahkan korban dari tempat kejadian dalam rangka untuk memberikan pertolongan pertama. Selain itu juga ditujukan untuk memindahkan korban menuju fasilitas kesehatan lain yang lebih mampu dalam rangka mendapatkan pertolongan lanjutan.
Pada kesempatan tersebut Prajurit Denma diajarkan bagaimana tata cara Pengangkutan Orang Luka oleh 1 orang. Ada 5 cara Pengangkutan Orang Luka oleh 1 orang diantaranya Memapah, Membopong, Menggendong, Menjulang dan Menyeret. Setelah pemberi materi menjelaskan dan memberi contoh tata caranya kemudian perwakilan Prajurit Denma yang hadir pada kesempatan tersebut diberi kesempatan untuk mempraktekkan langsung seperti apa yang sudah dicontohkan. ( YL ) 

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: