Gelar Kuliah Umum Penanggulangan Bencana Unsam Hadirkan 3 Narasumber

0 Comments


Barometer99, Kota Langsa -
Universitas Samudra (Unsam) Mengelar kuliah umum dengan membawa tema Penanggulangan Bencana Dalam Misi Kemanusiaan melalui zoom meeting atau Webinar, Senin, 08 Maret 2021.

Kegiatan dibuka Rektor Universitas Samudra Dr. H. Bachtiar Akob M.Pd yang diwakilkan Wakil Rektor (Warek) II Unsam Dr. Ir. Hamdani, MT dengan menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya, Kepala Pusdiklat BNPB Pusat Berton Panjaitan, SKM, MHM, PhD, Kepala BMKG Provinsi Aceh Djati Cipto Kuncoro, S.Si dan Dosen Universitas Syiah Kuala Bambang Setiawan, ST, M.Eng, Ph.D dengan Moderator Dr. Teuku Hasan Basri, SPd, MPd Dosen Universitas Samudra.

Warek II Unsam Dr. Ir. Hamdani, MT dalam sambutannya menyampaikan, program merdeka belajar -kampus merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa di dunia kerja dengan terobosan mendorong mahasiswa untuk belajar selama tiga semester di luar Prodi pilihannya.

Lanjutnya, Perguruan Tinggi melalui Tri darmanya memiliki peran strategis dalam penanggulangan bencana, terutama berkaitan dengan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.


Pelaksanaan peran tersebut berlangsung dengan partisipasi aktif dosen dan mahasiswa melalui berbagai program dan kegiatan, baik secara internal maupun eksternal, berbagai program kegiatan perguruan tinggi dengan melibatkan dosen, mahasiswa serta alumni dapat dilaksanakan.

Sementara Dosen Universitas Samudra selaku Moderator yang juga Ketua Tim Satgas Covid-19 Unsam serta Ahli Bidang Mitigasi Bencana, Dr. Teuku Hasan Basri, SPd, MPd mengatakan, kegiatan tersebut diikuti para peserta dari sejumlah dinas dan instansi diantaranya BPBD, Dinas Sosial dari tiga kabupaten/kota yaitu Kota Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang serta sejumlah Dosen serta para mahasiswa.

Warek II Unsam Dr. Ir. Hamdani, MT dalam materinya menyampaikan tentang, Proyek Kemanusian Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Universitas Samudra, Kepala Pusdiklat BNPB Pusat Berton Panjaitan, SKM, MHM, PhD, membahas tentang Penanggulangan Bencana dan Misi Kemanusiaan.

Sedangkan Kepala BMKG Provinsi Aceh Djati Cipto Kuncoro, S.Si dalam kuliah umum menyampaikan tentang, Potensi Gempa Bumi dan Tsunami di Provinsi Aceh. Dosen Universitas Syiah Kuala Bambang Setiawan, ST, M.Eng, Ph.D dalam materinya menyampaikan terkait, Gempa Bumi Kolateral dan Bencananya, imbuh Dr. Teuku Hasan Basri, SPd, MPd.(JBI)

Editor : Jefry Boy Isny

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: