Gerimis Haru Mengiringi Sertijab Kapolda dan Ibu Asuh Polwan Polda Papua

 


Barometer99.com, Jayapura-Papua - Bertempat di Mapolda Papua, telah dilaksanakan kegiatan Upacara Tradisi serah terima jabatan Kapolda Papua dari Komjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw kepada Irjen Pol Mathius D. Fakiri S.I.K dan Sertijab Ibu Asuh Polwan Polda Papua, pada Hari Senin, (8/3/2021).

Hadir dalam kegiatan, Kabaintelkam Polri Komjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakiri., S.I.K., Wakapolda Papua Brigjen Pol. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si., PJU Polda Papua, Para Kapolres Jajaran Polda Papua dan Bhayangkari serta anggota Polda Papua.

Kegiatan diawali dengan penyerahan Pataka Rastra Samara Polda Papua dari Kapolda lama kepada Kapolda Papua baru dan dilanjutkan dengan penyerahan memorial Polda Papua dari Kapolda lama kepada Kapolda baru dan pembacaan keputusan Ibu Asuh Polwan Polda Papua.

Komjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam kesempatananya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan serah terima jabatan Kapolda Papua yang telah dilaksanakan di Mabes Polri pada hari Kamis tanggal 4 Maret 2021, sehingga diharapkan tetap menjaga kesinambungan agar terselenggaranya tugas pokok Polri sebagai Aparat Pelayan, Pelindung, Pengayom masyarakat sekaligus sebagai aparat penegak hukum.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan loyalitas seluruh Personel Polda Papua dan jajaran selama kurang lebih 16 bulan saya menjabat     Kapolda Papua, saya menyadari masih banyak kekurangan dan belum bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada anggota dan keluarga," ujar Komjen Pol Drs Paulus Waterpauw.

"Oleh karena itu, saya mohon maaf dan berharap roda kepemimpinan yang akan dilanjutkan oleh Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri akan jauh lebih baik," imbuhnya.


Komjen Pol Drs Paulus Waterpauw juga mengatakan, berbagai prestasi telah kita ukir, seperti penanganan aksi Anarkis isu Rasisme dan upaya bersama dalam pemulihan situasi, pengamanan pemilukada serentak di 11 Kabupaten yang berjalan aman, penegakkan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata, pengungkapan jual beli senjata dan amunisi dan keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana umum lainnya.

"Prestasi – prestasi tersebut bukan semata-mata keberhasilan saya sendiri melainkan wujud nyata komitmen kita bersama, oleh karena itu saya mengharapkan agar dilanjutkan dan ditingkatkan, guna memperoleh kepercayaan yang positif dari masyarakat sebagaimana visi yang selalu saya gaungkan yaitu melayani dengan hati, lakukan pendekatan kepada masyarakat dengan mengedepankan pencegahan, bersifat edukatif dan persuasif, namun tidak meninggalkan sikap dan tindakan tegas. untuk itu, masyarakat harus menjadi mitra kita, teman bahkan sahabat baik dengan masyarakat," ungkap Kabaintelkam Polri.

Kabaintelkam Polri ini juga mengucapkan, selamat mengemban tugas kepada Kapolda Papua yang baru, semoga dengan semangat, kegigihan dan tekad yang bulat, untuk mewujudkan kesejahteraan personil Polri dan masyarakat Papua dapat terwujud.


"Saya optimis, bahwa Polda Papua dibawah kepemimpinan Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri akan mampu menjawab berbagai tantangan kedepan serta mampu mendukung transpormasi menuju Polri yang presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan)," tegas Komjen Pol Paulus Waterpauw.

Dalam kesempatan ini, lanjut Kabaintelkam Polri, saya ingin mengingatkan bahwa tugas di Papua kedepan akan semakin kompleks antara lain antisipasi putusan mahkamah konstitusi sengketa pilkada di 7 kabupaten, agenda nasional Pon XX di Papua, pendisiplinan protokol kesehatan dan mendukung program vaksinasi, rencana aksi mogok sipil nasional oleh kelompok separatis politik dan ancaman gangguan kelompok kriminal bersenjata di beberapa wilayah. Oleh karena itu, saya mengharapkan kepada seluruh personel Polda Papua dan jajaran agar dapat memberikan dukungan serta doa restu kepada Kapolda yang baru untuk saling bekerjasama, bahu membahu, serta tingkatkan suasana harmonis yang telah berjalan dengan baik selama ini, agar dapat diteruskan dan dilanjutkan sehingga ada kesinambungan dalam mensukseskan pelaksanaan tugas Kepolisian.

"Saya juga memohon doa agar dalam menjalankan tugas yang baru sebagai Kabaintelkam Polri dapat berjalan dengan baik dan mampu mengemban amanat yang telah diberikan oleh pimpinan," harap Komjen Pol Paulus Waterpauw.

Pada rangkaian serah terima jabatan Kapolda Papua ini, juga dilaksanakan serah terima Ibu Asuh Polwan Polda Papua dari Ny. Roma Pasaribu Waterpauw kepada Ny. Eva mathius d. Fakhiri. Tentunya, banyak kesan dan pesan yang baik yang saya dapatkan di tanah Papua ini. kesan yang baik yang kami dapatkan sehubungan dengan Kiprah Polwan Polda Papua yang sangat positif dan terus meningkat, namun ada juga yang masih perlu dibina dan perlu diberi motivasi oleh para seniornya.

"Pada kesempatan ini, saya berpesan kepada Ny. Eva mathius d. Fakhiri sebagai Ibu Asuh Polwan Polda papua yang baru agar kiranya terus memberikan bimbingan dan dapat melibatkan Polwan pada kegiatan kegiatan Bhayangkari, sehingga kedekatan Polwan dengan ibu Bhayangkari dapat dirasakan," tutur Ny. Roma Pasaribu Waterpauw.

Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K dalam kesempatannya, menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan dalam proses serah terima jabatan Kapolda Papua yang berjalan dengan aman dan lancar dimana kepercayaan yang diberikan pimpinan Polri kepada saya untuk memimpin Polda Papua merupakan suatu amanah yang harus dilaksanakan dengan rasa penuh tanggungjawab.

"Saya sangat mengapreasiasi atas capaian kepemimpinan bapak Komjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw yang telah menjalankan tugas dengan baik serta mampu menyelesaikan kasus–kasus yang meresahkan masyarakat, sehingga Harkamtibmas di Wilayah Polda Papua dapat kembali kondusif, hal ini akan menjadi acuan saya untuk meneruskan dan meningkatkan kinerja yang telah dibangun demi terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat," ucapnya.

Pada kesempatan ini, lanjut Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, menyampaikan, bahwa ada beberapa dinamika perkembangan kamtibmas kedepannya yang akan kita hadapi, antara lain dinamika Pilkada pada 11 Kabupaten, yang sampai saat ini 4 kabupaten telah dilaksanakan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, 4 Kabupaten telah dilaksanakan penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pasca putusan di mahkamah konstitusi, sedangkan 3 Kabupaten masih melaksanakan sidang sengketa di mahkamah konstitusi.

"Dinamika Revisi UU no. 21 tahun 2001 tentang otonomi khusus bagi Papua, yang sampai saat ini timbulnya penolakan dari kelompok masyarakat tertentu. Dinamika rencana pelaksanaan PON XX tahun 2021 dan Peparnas XVI tahun 2021, yang sampai saat ini telah memasuki tahap finalisasi persiapan venue dan kesiapan masing – masing bidang panitia besar PON, dimana Polda Papua ditunjuk sebagai penanggung jawab keamanan pelaksanaan PON dan Peparnas tersebut," ungkapnya.

"Dinamika pandemi Covid-19 di Provinsi Papua yang sampai saat ini masih menunjukkan angka peningkatan korban yang terpapar, sehingga perlunya dukungan dari Polda Papua pada sosialisasi program protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksin covid-19 serta upaya lainnya dalam pendisiplinan kesehatan masyarakat," pungkas Kapolda Papua. (Hendy)

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: