Jerman Lengkapi MBT Leopard 2 Dengan Trophy APS, Sistem Proteksi Tank Melalui Radar Aesa

0 Comments


Barometer99.com, Jerman - 
Federal Office of Bundeswehr Equipment, Information Technology and In-Service Support (BAAINB) telah meneken kontrak dengan Rafael untuk memasok solusi Trophy Active Protection Systems (APS).

Kontrak dengan Rafael untuk batch awal sistem Trophy APS mencakup kontrak dengan Krauss-Maffei Wegmann (KMW) sebagai manufaktur MBT Leopard 2. Kontrak Trophy APS mencakup penyediaan tank, interceptors, suku cadang, dan pelatihan teknis. Rafael mengatakan bahwa sistem Trophy APS akan dikirimkan dalam beberapa tahun ke depan. Rafael berharap nantinya sebagian besar sistem Trophy APS dapat melengkapi sebagian besar armada Leopard 2 Jerman.

Selain Jerman, lewat kontrak yang mendesak, Trophy APS sebelumnya telah dikirimkan ke Angkatan Darat AS (US Army) untuk dipasangkan pada MBT Abrams. Untuk kebutuhan dalam negeri, Trophy APS telah dipasang pada tank Merkava dan ranpur lapis baja angkut personel (APC) Namer. Sampai saat ini, Rafael memiliki kontrak untuk memproduksi lebih dari 1.800 unit Trophy APS. Sistem ini juga telah menjalani 5.400 uji lapangan yang yang telah dinyatakan berhasil.

Cara kerja Trophy APS mirip dengan solusi sejenis yang digunakan Rusia, prinsip kerja dari Trophy APS yaitu dengan penggunaan radar aktif yang dapat mendeteksi ancaman dari 360 derajat yang mengarah dari jarak beberapa puluh meter. Hebatnya jenis radar pada Trophy sudah mengusung teknologi AESA (Active Electronically Scanned Array) Elta EL/M-2133. Radar AESA ini ditempatkan di dalam modul radar berupa empat flat panel antena yang dipasang pada kubah.

Trophy APS dirancang dengan very small kill zone, sehingga tidak membahayakan personel kawan (infanteri) yang berada di dekat tank. Lantaran dihadirkan oleh negeri yang penuh konflik, maka untuk urusan pembuktian tak sulit, pasalnya Trophy APS telah menjadi kelengkapan MBT Merkava selama operasi militer di Jalur Gaza.(YL)

Editor : Jefry Boy Isny

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: