Kajari Pidie Panggil 49 Geuchik Di Kecamatan Indrajaya

0 Comments

Kajari Pidie, Gembong Priyanto, SH. M.Hum

Barometer99, Aceh Pidie -
Kejari Negeri (Kejari) Pidie melakukan pemeriksaan secara global kepada Geuchik dalam kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Rabu, 17 Maret 2021.

Kepala Kejaksaan Negeri Pidie, Gembong Priyanto, SH, M.Hum melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Naungan Harahap Kepada Barometer99, mengatakan, Bahwa, Pemeriksaan puluhan Geuchik itu, atas dugaan mengupah untuk pembuatan dokumen Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) tahun 2015 hingga 2020, ujarnya.

Lanjutnya, Geuchik mulai diperiksa sejak pertengahan Februari 2021 dan
Pemeriksaan itu untuk melihat, ada dan tidaknya perbuatan melawan hukum sehingga menyebabkan kerugian negara," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, tercatat 49 Geuchik di Kecamatan Indrajaya telah dipanggil, guna dimintai keterangan terhadap penggunaan dana APBG mulai tahun 2015 hingga 2020.

Geuchik diambil keterangan terkait dugaan penyalahgunaan dana desa yang digunakan Geuchik untuk mengupah pihak ketiga untuk membuat dokumen Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (RAPBG).

Geuchik meminta pihak ketiga, mengingat keuchik tidak bisa membuat dokumen RAPBG.

"Besaran upah yang diberikan Geuchik kepada pihak ketiga jumlahnya bervariasi. Tapi, keuchik mengakui memberikan upah sebagai imbalan ke pihak ketiga," Sebutnya.

Dikatakannya, Bahwa, Kejari Pidie meminta keterangan dalam kasus penggunaan APBG terhadap mereka yang terindikasi terlibat, termasuk pihak ketiga yang membuat dokumen RAPBG.

Sementara perangkat gampong lainnya belum dimintai keterangan dan awalnya jumlah Geuchik yang diperiksa 47 orang karena satu orang tidak hadir dan telah meninggal.

Tapi, yang absen akhirnya hadir dan Geuchik yang telah meninggal digantikan Geuchik yang menjabat sebagai pelaksana tugas (plt).

Kasus dugaan mengupah pembuatan dokumen APBG tetap dilanjutkan proses hukum. Hanya saja, kita perlu mengumpulkan alat bukti secara lengkap.

Sehingga kasus tersebut yang sekarang masih tahap penyelidikan akan dapat ditingkatkan ke penyidikan," pungkasnya.(*)

Editor : Jefry Boy Isny

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: