Kepala KPR Rutan Kuala Kapuas Lakukan Pengecekan Kebun Beranggang

0 Comments

Barometer99- Kuala Kapuas – Lahan di beranggang Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas yang awalnya tidak digunakan kini dimanfaatkan oleh Rutan Kuala Kapuas menjadi kebun sayur. Jenis tanaman sayuran yang ditanam di beranggang Rutan merupakan sayur buncis. Rutan Kuala Kapuas tidak membiarkan lahan kosong begitu saja, setiap ada lahan yang tidak digunakan akan dimanfaatkan sebaik mungkin guna kegiatan kemandirian yang dilakukan oleh Warga Binaan.

Selasa (09/03), Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR), Julianoor melakukan pengecekan ke beranggang di halaman depan kantor. “Kegiatan hari ini WBP melakukan pembersihan rumput di sekitar tanaman buncis, kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari agar pertumbuhan tanaman bagus dan berkualitas”, tutur Julianoor.

Usia buncis kurang lebih memasuki 1 bulan dan sebentar lagi siap panen. Perawatan yang dilakukan untuk tanaman buncis juga sama seperti tanaman sayuran lainnya yang ada di beranggang Rutan Kuala Kapuas. Sebelum di tanami, lahan terlebih dahulu diberikan kapur untuk menetralkan kadar asam pada tanah, kemudian dilakukan pembibitan, lalu ditaburi pupuk urea dan terakhir di berikan pupuk phonska.

“Kegiatan kemandirian sekarang lebih bagus dibandingkan yang dulu, sekarang lebih terawat dan pengelolanya pun lebih mengerti cara berkebun dan merawat tanaman, lebih terkoordinir sehingga hasilnya dapat lebih maksimal”, pungkas Julianoor. Kegiatan kemandirian berupa berkebun bermanfaat untuk menambah keahlian dan mengisi waktu luang Warga Binaan sekaligus melatih kesehatan mental, terutama mengusir rasa jenuh dan menanamkan rasa tanggungjawab untuk memelihara kebun tersebut.  

Kontributor : Humas Rutan Kuala Kapuas

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: