Melalui program TMMD ke 110 Kodim 1206/PSB, Masyarakat di Daerah Terisolir, Mulai Sadar Pentingnya Hidup Tertib

0 Comments


Barometer99- Masyarakat di Daerah Terisolir, Mulai Sadar Pentingnya Hidup Tertib,Suasana hidup aman, nyaman dan asri mulai berkembang di beberapa daerah terisolir di Kabupaten Kapuas Hulu. Selasa (09/03/2021).

Dijadikan Sasaran pelaksanaan program TNI bersandi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110, Merupakan Sasaran Fisik Pembukaan jalan penghubung dua Desa yang Berbeda Kecamatan.

Bukan hanya taraf pendidikan saja. Namun, berbagai perkembangan sudah mulai timbul di dalam kehidupan masyarakat yang tinggal di daerah terisolir di Kapuas Hulu, salah satunya ialah Dusun Tintin Kemantan, Desa Hulu Pengkadan dan Desa Beringin, Kabupaten Kapuas Hulu.

Ketika dikonfirmasi mengenai perubahan masyarakat setelah adanya TMDM, Letkol Inf Jemi Oktis Oil S.I.P mengatakan, banyak hal-hal positif yang mulai ditonjolkan oleh warga di lokasi pasca TMMD Desa Hulu Pengkadan.  Bukan hanya dari aspek kesehatan saja. Namun, warga di Desa itu juga mulai memahami betapa pentingnya menaati setiap peraturan, maupun hukum yang berlaku di Indonesia.

"Kalau kita amati secara seksama, kehidupan masyarakat di Dusun Tintin Kemantan, Desa Hulu Pengkadan berubah drastis. Warga di sana seakan menjunjung tinggi keberadaan hukum. Sebelumnya, masyarakat sama sekali tidak memahami peraturan-peraturan maupun hukum di Indonesia," jelas Dandim 1206/Putussibau ini ketika dikonfirmasi via seluler miliknya. 

Tidak hanya itu saja, kata Letkol Inf Jemi Oktis Oil S.I.P, minimnya kepedulian warga akan pentingnya hidup sehat, juga menjadi pandangan tersendiri bagi dirinya. Pasalnya, Desa Hulu Pengkadan yang terbilang jauh dari suasana perkotaan itu, seakan menjadi tantangan bagi dirinya untuk menciptakan pola hidup sehat di masyarakat setempat.

"Terutama melalui sosialisasi. Sangat jarang ada sosialiasi tentang kesehatan di Desa itu. Tapi secara pelan-pelan, dalam kurun waktu Selama Masih Berjalanny Satgas TMMD bisa menciptakan masyarakat yang peduli akan kesehatan di Desa tersebut", tandasnya.

Guna memastikan hal itu, kamipun mencoba menghubungi salah satu warga di Dusun Tintin Kemantan, Ahmad Faishol (32), ketika ditanya, dirinya membenarkan hal tersebut. Menurutnya, banyak perkembangan yang terjadi di Desanya usai dijadikan sasaran pelaksanaan program TMMD. "Desa saya sekarang sudah berbeda pak. Sekarang jauh lebih tertib", ungkapnya. (Tim)

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: