Terkait Lapas Kelas IIB Kutacane Over Kapasitas, Ini Kata Kalapas dan Kakanwil Kemenkumham Aceh

0 Comments


Barometer99, Aceh Tenggara -
Kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara saat ini sudah melebihi muatan alias Over  kapasitas, 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Barometer99 Senin, 22 Maret 2021, Sekira Pukul : 08.00 wib,  Terdapat jumlah Napi/Tahanan Di Lapas Kelas IIB Kutacane berkisar 459 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari kapasitas maksimum penghuni Lapas hanya 75 WBP saja dan kini  jumlahnya hampir mendekati hitungan Over Kapasitas yakni sebanyak 512 WBP, Hanya tinggal menunggu 53 WBP saja.

Hal senada juga di sampaikan Kalapas Kelas IIB Kutacane, Fahyudi SH, Ketika di hubungi via telefon Whatsappnya, Senin Malam, 22 Maret 2021.

Kalapas juga menambahkan, Bahwa di tahun 2021 ini sudah tersedianya anggaran yang telah dikucurkan Kemenkumham RI melalui Kantor Wilayah Aceh senilai 24 miliar lebih untuk pembangunan Lapas Baru di Areal lahan 4 Hektar kurang lebih yang berjarak 2 kilometer dari Lapas yang sekarang, Kata Fahyudi SH.


"Saya selaku Kalapas terus melakukan yang terbaik untuk para WBP,  Selain tempat yang sekarang kecil hingga berupaya akan mewujudkan Lapas yang layak bagi Para WBP, Disini Kami juga terus melakukan pembinaan dengan menjalankan program sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah di tentukan serta telah melaksanakan berbagai program baik itu Program Asimilasi di rumah bagi para WBP yang telah menjalani 2/3 masa tahanan terlepas para WBP yang terimbas Peraturan Pemerintah (PP) 99 Tahun 2012, Khususnya bagi WBP Korupsi, Terorisme dan Narkotika, dan khususnya untuk jajaran Lapas Kelas IIB Kutacane juga telah berkomitmen menuju program WBK/WBBM  Imbuhnya.

Lanjut Kalapas kembali, Hanya saja terkendala dengan adanya Refocusing anggaran sesuai aturan yang telah di tetapkan pemerintah, Maka sedikit terkendala terkait Pembangunan Lapas yang Baru, ungkapnya.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Drs. T. Meurah Budiman SH. MH. Melalui Pesan Whatsappnya mengatakan, Memang sudah Overload di Lapas Kelas IIB Kutacane ini, yang mana hingga saat ini WBP di Lapas ini mengalami peningkatan yang sangat sinigfikan, sehingga Kementerian Hukum dan HAM melalui Kantor Wilayah agar secepatnya dilaksanakan Pembangunan Lapas Baru di Kabupaten Aceh Tenggara ini, Sebutnya.

Meurah Budiman juga menjelaskan, Bahwa, pihaknya terus berupaya dengan semaksimal mungkin demi mengatasi permasalahan ini dengan membludaknya WBP yang hingga kini mencapai 459 Orang dan kami juga terus bekerja keras untuk segera menyelesaikan pekerjaan rumah ini, Tegasnya.


"Menurutnya, mayoritas WBP dan tahanan yang ada di 26 Lapas di Provinsi paling barat Indonesia ini tersandung kasus Narkoba, selebihnya kasus korupsi hingga tindak pidana umum lainnya walaupun Aceh sudah memiliki Lapas khusus Narkotika di Kota Langsa, namun kapasitasnya belum juga mencukupi, Dengan total secara keseluruhannya berkisar 8392 WBP/Tahanan ini hampir 50 persen lebih berkaitan dengan kasus narkoba, Sebut Meurah Budiman.

Kakanwil kemenkumham Aceh, Drs. T. Meurah Budiman, SH. MH juga mengajak seluruh elemen masyarakat baik itu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun OKP - OKP yang ada di Aceh untuk ikut bersama menyelesaikan permasalahan ini dengan adanya masukan - masukan maupun ide - ide kreatif yang mana nantinya dapat menyelesaikan segala permasalahan demi memajukan Tanah Rencong ini kedepannya, Pungkas Putra Aceh yang baru 12 hari menjabat Kakanwil Kemenkumham Aceh ini mengakhiri.(*)

Editor : Jefry Boy Isny

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: