Babinsa Wakili Danramil Dalam Kegiatan Grand Disegn Pemajuan Kebudayaan

, , 0 Comments

Barometer99- Babinsa Koramil 02/Lembang Jaya Kopda Rudi Afrianto Mewakili Danramil menghadiri acara Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan dan Peninjauan Objek Sejarah dan Budaya Koto Gadang Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok

Acara Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan dan Peninjauan Objek Sejarah dan Budaya Koto Gadang Koto Anau yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Anasrullah, S.P., dilaksanakan di Balai Adat Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok. Sabtu, (3 April 2021).

Dalam Sambutanya Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Anasrullah S.P, mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini demi menyatunya nilai nilai agama dan kebudayan di minang Kabau, dalam masyarakat budaya harus di tampilkan agar budaya itu terpelihara dan kebudayaan ini menjadi objek wisata di nagari koto gadang koto anau serta Kebudayaan ini tidak lepas dari peran Dukungan tokoh tokoh di Nagari.
Dalam Hal ini Babinsa Koramil 02/Lembag Jaya Kopda Rudi Afrianto melalui keterangan tertulisnya mengatakan bahwa yang akan di lestarikan adalah Tari Ambek Ambek, tari Pernah Mewakili Sumatra Barat Ke tingkat Nasional Tahun 1977. Tari Ambek Ambek merupakan manifestasi kehidupan muda mudi dalam mencari pasangan. Masyarakat Koto anau ada yang mengatakan bahwa tari ambek ambek sebagai tari mencari induak bareh alias mencari jodoh/pasangan. 

Ambek ambek dimaknai layaknya pemuda yang menggoda para gadis, pemuda mendekati gadis gadis yang sedang menyulam sebagai kegiatan umum gadih minang, para pemuda merayu para gadis dengan gerak siganjua lalai yang lembut namun tegas bak pepatah minang alu talantuang patah tigo samuik tapijak indak mati, di Akhir gerakan pemuda berhasil mengajak gadis.
Hadir dalam acara tersebut, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kemasyarakatan/SDM Mulyadi Marcos S.E.MM., Wakil Bupati Terpilih Jhon F Pandu SH., BPNB Sumbar, BPCB Sumbar, Balai Bahasa Sumbar,Balai Arkeoligi Medan, Disbud Sumabar, Disparekraf Sumbar, Disbudpar Kabupaten Solok, Rajo Koto Gadang Koto Anau Novi Almana Bagindo yang di Patuan, Camat Lembang Jaya Vice Febrianeldi.S.STP,M.Si, Wali Nagari Koto Gadang Koto Anau Edi Setiawan A.Md, Ketua BPN Rizaldi, Ketua KAN Onderus Datuak Rajo Sati, Bhabinkamtibmas Bripka Osdila Bermana, Ketua Pemuda Nagari Koto Anau Erianto SH, dan Niniak Mamak serta Bundo Kanduang.
(DD/YL)

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: